Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha

Bisakah mendapatkan pinjaman untuk modal usaha yang tidak rumit dan mudah prosesnya? Pinjaman modal usaha bisa dimiliki dengan mengajukan pinjaman ke bank, pinjaman melalui perusahaan fintech (pinjol), maupun perorangan.

Tetapi, sebagai pemilik usaha, terutama usaha modal kecil haruslah berhati-hati dalam meminjam modal usaha. Semakin cepat dan semakin mudah pinjaman diterima, berarti resikonya juga semakin tinggi.

Resiko apa sajakah yang mungkin terjadi? Waspadalah terhadap penipuan karena pinjaman modal usaha cepat dan mudah cukup tidak masuk akal.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha yang Aman

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha yang Aman

Berhati-hatilah selalu ketika melakukan pinjaman, terutama yang online. Anda wajib mengecek izinnya langsung ke situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika membutuhkan pinjaman untuk bisnis modal kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk meminjam dari perorangan. Buat kesepakatan yang tidak merugikan salah satu pihak.

Apa saja Langkah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang ringan, aman, dan menguntungkan semua pihak? Berikut jawabannya.

1. Gadaikan Aset

Pemilik bisnis modal kecil untung besar juga bisa mencoba cara ini. Gunakan aset yang Anda miliki sebagai jaminan. Aset yang bisa Anda gadaikan misalnya perhiasan emas, BPKB kendaraan, dan lainnya.

Sekali lagi gunakan jasa Pinjaman yang tidak dilunasi bisa mengakibatkan aset jaminan Anda hilang.

2. Mendapat Pinjaman dari Bank

Bank bisa menjadi pilihan selanjutnya. Tentu saja Bank memberikan pinjaman hanya kepada pemilik usaha yang usahanya sudah berjalan. Jadi, sifat pinjaman di bank lebih tepatnya sesuai untuk tambahan modal bukan murni modal awal usaha.

Syarat meminjam di bank secara administrasi adalah dengan melengkapi beberapa dokumen wajib. Dokumen tersebut seperti KTP dan KK, fotokopi buku nikah, buku tabungan, bukti tidak punya cicilan atau tanggungan, dan syarat keterangan penghasilan.

3. Meminjam dari Pinjol Resmi

Anda yang memiliki usaha modal kecil untung besar bisa mempertimbangkan pinjaman online. Kebanyakan pinjol tidak memerlukan jaminan, sehingga jika Anda merintis usaha baru maka bisa mendapatkan pinjaman secara cepat dan aman. Cek legalitas dan kredibilitas perusahaan pinjol dengan mengecek melalui website resmi OJK.

4. Meminjam dari Koperasi

Pinjaman Modal Usaha bisa juga didapat dari koperasi simpan pinjam. Koperasi adalah salah satu penyedia jasa pinjaman modal usaha. Ingat, sama seperti di pegadaian, koperasi juga membutuhkan jaminan. Anda bisa menyerahkan deposito, BPKB Kendaraan, atau surat tanah, deposito sebagai jaminan.

5. Mendaftar Program Pinjaman dari Pemerintah

Sudahkah Anda mencoba KUR? Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini adalah program pinjaman usaha dari pemerintah. Peruntukannya adalah membantu kucuran dana pinjaman untuk pemilik usaha mikro kecil, usaha mikro menengah atau juga UMKMK.

KUR diselenggarakan untuk meningkatkan daya saing dan perkembangan UMKM Indonesia. Syarat mutlak untuk mendapatkan KUR adalah dengan tidak menerima kredit dari bank lain, usaha harus sudah berjalan minimal 6 bulan, dan memenuhi persyaratan administrasi berupa kelengkapan dokumen lainnya.

Ingat untuk bijak dalam memilih dan juga memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi. Hitung ulang juga kemampuan Anda dalam membayar cicilan bulanan.

Hal lain yang mutlak tidak bisa dilewatkan adalah mengecek legalitas lembaga penyedia jasa utang, dengan cara mengecek di website OJK. Atau jika Anda ingin tetap melakukan bisnis online tanpa modal Anda bisa menjadi reseller atau sebagai dropshipper.

Posting Komentar untuk "Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha"