Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Lem : Pengertian dan Peranan di Bisnis Percetakan

Dalam proses finishing terdapat berbagai jenis kebutuhan mesin yang memiliki beragam kegunaan. Salah satu mesin finishing yang sering digunakan dalam percetakan adalah mesin lem panas. Mesin yang berguna untuk perekatan hasil cetak dari bahan kertas/karton.

Pengertian Mesin Lem dan Peranannya

Pengertian Mesin Lem dan Peranannya

Mesin Lem jenis mesin finishing yang berguna untuk perekatan hasil cetak berbahan kertas/karton. Mesin Lem Panas memudahkan usaha percetakan untuk melakukan perekatan yang bisa disesuaikan ketebalan lemnya. Cara menggunakan mesin lem juga mudah penerapannya.

Media yang tebal dan jumlah yang banyak tidak mudah jika menggunakan pengerjaan manual. Apalagi kalau hasil perekatannya kurang kuat dan berkerut. Hasil akan mengecewakan konsumen. Sehingga munculnya mesin khusus untuk lem memberikan kemudahan dan hasil yang maksimal.

Peranan Mesin Lem dalam tahapan finishing adalah menyempurnakan hasil cetak untuk siap dipakai. Mesin lem panas sering digunakan untuk penjilidan buku, kalender, hardcover, album foto, dan lainnya. Hasil perekat nya bisa lama dan kuat.

Ada beberapa jenis lem untuk mesin lem yaitu lem fox, animal glue, lem rajawali, lem dingin, dan lem panas. Kegunaan setiap lem berbeda-beda tergantung kebutuhan bahan kertas/kartonnya.

4 Cara Memilih Mesin Lem Panas

Kebutuhan mesin lem panas yang beragam perlu mencari mesin yang memudahkan dalam proses pengerjaannya. Ada empat cara dalam memilih mesin lem panas, antara lain:
  1. Carilah mesin yang mudah dibersihkan, pembersihan ini untuk bagian penyimpanan lem.
  2. Mesin tahan karat dan daya tahan mesin kuat. Penggunaan mesin yang akan lama
  3. Gunakan yang mesin dengan bahan yang berkualitas tinggi. Terutama berbahan stainless steel, sehingga mesin bisa bertahan lama.
  4. Harga kompetitif dan terjangkau.

Jenis Mesin Lem untuk Finishing

Kegunaan mesin lem panas disesuaikan dengan kebutuhan percetakan. Ada beberapa jenis mesin lem yang bisa digunakan antara lain:

1. Mesin Lem Botol

Mesin ini berguna untuk perekatan banner plastik untuk luar botol. Biasanya untuk menempelkan brand sebuah kemasan berbentuk botol agar lebih rapi dan kuat perekatnya. Menggunakan mesin lem botol lebih efisien dan efektif.

Bahan baku untuk mesin ini adalah lem fox kuning atau lem rajawali. Banyak mesin yang memberikan kemudahan dalam menentukan ketebalan lem. Mesin ini cocok untuk konsumen yang memiliki usaha dibidang pengemasan botol.

2. Mesin Lem Multifungsi

Mesin ini berfungsi untuk merekatkan media yang keras ke keras. Contohnya grey board dan yelow board. Jika perekatan ini dilakukan secara manual membutuhkan proses yang lama.

Berbahan keras tidak mudah jika direkatkan dengan manual, maka menggunakan mesin lebih kuat rekatannya dan cepat selesai. Bahan lem yang digunakan untuk mesin multifungsi yaitu campuran antara lem hidup( bisa menggunakan hot melt glue untuk penjilidan) dan lem mati.

Biasanya mesin ini mampu merekatkan karton sampai ukuran 5 mm. Digunakan untuk merekatkan box bahan MDF, album foto, kotak makanan, atau karton board.

3. Mesin Lem Atas

Mesin yang menggunakan bahan lem animal glue yang sedikit bahan airnya sehingga hasil lebih rekat. Jika untuk merekatkan kertas tidak melengkung maupun bergelembung. Namun untuk lem lainnya masih bisa digunakan. Hanya saja animal glue lebih disarankan.

Penggunaan mesin ini bisa untuk merekatkan album buku, kertas hardcover, cover album, dan media tebal lainnya.

4. Mesin Lem Samping

Mesin ini berbahan lem putih yang berfungsi untuk merekatkan media bagian samping dan sudut. Media yang digunakan lebarnya bisa sampai 8 cm dan ketebalan media berbagai macam. Dengan jenis mesin ini hasil perekatan tidak bergelembung, rapi, dan kuat.

Untuk jenis mesin lem lainnya adalah yang lebih simpel dan penggunaanya terbatas untuk jenis perekatan dengan media seperti penjilidan, album foto dan lain sebagainya. Mesin yang sering digunakan di percetakan pada umumnya.

Untuk melengkapi kebutuhan mesin finishing jenis mesin lem panas bisa dicari di Maxipro. Maxipro.co.id memiliki produk mesin yang berkualitas tinggi dan terdapat garansi setiap pembelian produknya. Jenis mesin percetakan lainnya pun beragam. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan kompetitif.

Posting Komentar untuk "Mesin Lem : Pengertian dan Peranan di Bisnis Percetakan"