Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Fakta Unik Kampung Inggris Pare Kediri

Ingin lancar berbahasa inggris pasti terpikirkan belajar di Kampung Inggris Pare. Banyak orang yang merekomendasikan untuk belajar bahasa asing yang kondusif. Lingkungan yang mendukung untuk terus mempraktikan kecakapan berbahasa.

Sayangnya di masa pandemi belum bisa berkunjung. Cara satu-satunya dengan belajar di Kampung Inggris Online, selain belajar juga menemani di rumah saja.

Kampung Inggris Pare merupakan sebuah kampung yang memiliki tempat kursus bahasa asing hingga ratusan. Bahasa yang menjadi favorit pastinya Bahasa Inggris dan yang kedua Bahasa Arab. Bahasa lainnya yang ada Perancis, Jepang, Cina, juga Korea.

Lokasi kampung Inggris Pare berada di dua desa yang ada di kecamatan Pare yaitu desa Pelem dan Tulungrejo. Yang berada di kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jarak antara kota Kediri dan kampung Inggris sekitar 30 km.

Jika bukan masa pandemi banyak orang di musim liburan menghabiskan waktunya di Pare. Biasanya yang dari luar kota turun di stasiun Kediri. Untuk sampai kampungnya bisa dijemput oleh kendaraan tempat kursus atau kendaraan online. Yang melalui jalur udara turun di bandara Juanda kemudian naik travel.

Untuk lebih mengenal tentang Kampung Inggris perlu mengetahui sejarahnya. Juga fakta-fakta yang ada di sana, semuanya bisa di simak di sini.

Latar belakang Kampung Inggris

11 Fakta Unik Kampung Inggris Pare Kediri

Adanya Kampung Inggris karena ketidaksengajaan oleh Mr. Kalend Osman. Beliau adalah pendiri bimbel pertama yaitu BEC(Basic English Course). Berawal dari dua mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya yang ingin belajar kepada Mr. Kalend.

Mr. Kalend dulunya adalah seorang santri yang berada di Gontor Ponorogo. Sayangnya orang tuanya tidak sanggup membiaya , sehingga Mr. Kalend Osman memilih keluar saat kelas 5. Juga tidak sanggup untuk kembali ke Kutai Kartanegara, Kalimantan tempat tinggalnya.

Dari seorang temannya Mr. Kalend dikenalkan kepada Kyai Yazid untuk mendalami Bahasa Inggris di Pare. Kyai Yazid, seorang yang ahli berbahasa asing lebih dari 10. Sejak itu Mr. Kalend tinggal di ponpesnya.

Dua mahasiswa yang ingin belajar sebenarnya ingin ke Kyai Yazid, sayangnya beliau sedang keluar kota. Melihat hal ini istri Kyai Yazid meminta Mr. Kalend untuk mengerjakannya. Dan akhirnya dua mahasiswa tersebut lulus dari ujian kampusnya.

Informasi ini menyebar luas di lingkungan kampus. Sehingga banyak orang yang ingin belajar kepada Mr. Osman. Penggunaan nama ‘Kampung Inggris’ karena banyak berita yang menggunakan nama tersebut dan sampai sekarang tetap eksis.

Adanya ratusan bimbel dikarenakan peminatnya yang banyak. Para alumni BEC banyak yang mendirikan bimbel baru yang terus bertambah tiap tahunnya.

Itulah tentang sejarah berdirinya dan mengapa disebut dengan kampung inggris. Ada beberapa fakta yang ada di kampung tersebut. Baik fakta keunikannya, tempatnya, pesertanya, atau lingkungannya.

11 Fakta Unik Tentang Kampung Inggris

1. Tempat Kursus Ratusan

Tempat kursus banyak pilihan dengan kelebihannya masing-masing. Bahasa yang dipelajari juga beragam, selain Bahasa Inggris ada Arab, Korea, Perancis, Cina, atau Jepang. Juga terdapat belajar Public Speaking. Setiap tahun sering melakukan perlombaan antar bimbel atau individu.

2. Banyak Sepeda

Jangan heran jika melihat berjejer sepeda di tempat parkir. Atau di sepanjang jalan kampung Inggris. Sepeda sebagai transportasi utama untuk memudahkan akses bepergian. Dengan sepeda mengurangi polusi udara.

3. Full Day English di Asrama

Jika memilih tinggal di asrama diwajibkan berkomunikasi berbahasa inggris setiap hari. Bagi yang melanggar akan diberi denda. Setiap tempat bimbel memiliki aturan asrama yang berbeda. Dalam satu kamar diisi dua hingga empat orang tergantung dari luas ruangannya. Teman sekamarnya akan diacak oleh penanggung jawab asrama.

4. Kursus seperti Lingkungan Kuliah

Jadwal kelas di Pare seperti di perkuliahaan. Peserta bisa memilih jadwal yang nyaman untuk belajar. Materi yang ingin dipejari bisa memilih sendiri. Pakaian tidak ada aturan ketat yang penting sopan.

5. Ruang Kelas Berpindah-pindah

Belajar di Pare tidak hanya di ruang kelas saja. Belajar bisa di halaman, tempat makan/cafe yang kosong di siang hari, atau gazebo. Makanya perlu menggunakan sepeda untuk perpindahan kelas. Kadang jaraknya tidak dekat ada yang berbeda jalan atau beda RT.

6. Biaya Hidup Murah

Meski banyak yang peserta yang belajar di Pare tidak membuat pedagang menaikan harga. Untuk biaya sekali makan paling murah bisa lima ribu saja.

7. Dekat Wisata Alam

Banyak travel paket wisata yang ditawarkan di Kampung Inggris Pare. Biasanya banyak orang yang memilih liburan di masa pendaftaran peserta baru. Liburan ke Bromo, Malang, Simpang Lima Gumul, dan masih banyak lagi.

8. Teman dari Berbagai Daerah

Pergi ke Pare bisa jadi ajang untuk mencari teman baru. Di sana akan bertemu dengan teman dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Bahkan berasal dari luar negeri. Seperti Timur Tengah atau Malaysia.

9. Tutor Merupakan Alumni

Biasanya di tempat kursus mentor atau tutornya berasal dari alumninya yang sudah belajar berjenjang. Ada juga bimbel yang mengadakan pendidikan untuk calon tutor. Setelah selesai masa karantina wajib mengabdi di tempat bimbelnya.

10. Belajar Berarti harus Aktif

Pembelajaran di Kampung Inggris Pare mewajibkan pesertanya untuk aktif dalam kelas. Banyak tantangan yang bisa menjadikan peserta harus tampil di depan. Untuk tampil tidak perlu merasa takut salah. Tutor akan dengan sabar memberi semangat dan masukan.

11. Tanggal Pendaftaran Kursus Sama

Setiap bulan selalu menerima peserta baru untuk belajar. Kursus di mulai tanggal 10 dan tanggal 25 setiap bulannya untuk semua bimbel di Pare. Sebaiknya melakukan pendaftaran sebelum di tanggal tersebut. Seringkali kuota sudah penuh jika mendadak daftarnya. Bahkan boleh beberapa bulan sebelumnya.

Itulah beberapa fakta tentang Kampung Inggris Pare yang perlu diketahui. Sejak masa pandemi banyak peserta yang pulang ke asalnya. Juga aktivitas kelas banyak yang ditiadakan demi mengurangi penyebaran virus. 

Namun, sekarang bisa belajar secara online dengan mendaftar di https://kampunginggris.online/. Dengan belajar di Kampung Inggris Online tetap membantu meningkatkan skill berbahasa asing.

Posting Komentar untuk "11 Fakta Unik Kampung Inggris Pare Kediri"