Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Peralatan Instalasi Listrik di Rumah

Listrik menjadi sebuah elemen penting untuk menghidupkan sebuah rumah, membuat lampu menyala, alat elektronik jadi bisa digunakan, dan berbagai hal lainnya yang membuat suasana rumah lebih hidup. Pemasangan instalasi listrik biasa dilakukan sebelum rumah tersebut dihuni, biasanya sehari sebelum ditempati pun akan dicek ulang mengenai kelistrikannya.

Namun ketika tidak menemukan kekurangan atau masalah pada sistem kelistrikannya, bukan berarti Anda pun bisa dengan mudahnya tak peduli dengan kondisi instalasi listrik di rumah. Walaupun hanya sedikit, sebagai pemilik rumah Anda harus paham mengenai kelistrikan supaya tidak terlalu awam.

Fungsi dari mengetahui kelistrikan di rumah adalah mempermudah saat terjadi kerusakan, Anda bisa mengetahui peralatan apa yang dibutuhkan, sehingga bisa lebih cepat untuk mendapatkan bantuan. Dengan ilmu kelistrikan, Anda bisa lakukan sedikit reparasi sederhana untuk membetulkan saklar, atau stop kontak yang longgar.

Jika Anda bisa melakukan perbaikan sederhana dengan baik, maka Anda bisa menghemat biaya yang digunakan untuk membayar jasa tukang. Tetapi jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan masalah listrik yang berat, lebih baik percayakan perbaikan listrik Anda ke orang yang sudah ahli di bidangnya saja.

Macam-Macam Peralatan Listrik

Macam-Macam Peralatan Listrik

Ada banyak sekali macam peralatan untuk instalasi listrik, namun ada beberapa yang paling wajib diketahui. Peralatan di bawah ini bisa Anda gunakan untuk instalasi di rumah, walau tanpa bantuan dari jasa yang lebih ahli. Apa saja? Silahkan simak:

1. Saklar Listrik

Benda ini memiliki fungsi untuk menghubungkan dan memutuskan sambungan daya listrik, sehingga bisa menghemat penggunaan listrik.

Contohnya digunakan untuk menyalakan, atau mematikan lampu bohlam. Bisa juga untuk menyambungkan aliran listrik ke pompa air untuk menyedot air, kemudian memutus sambungannya jika sudah selesai digunakan.

2. Stop Kontak

Stop kontak menjadi material yang digunakan untuk muara semua aliran listrik. Merupakan sebuah titik penghubung dengan fungsi untuk menghantarkan listrik ke berbagai alat elektronik. 

Caranya cukup mencolokkan kabel alat elektronik ke stop kontak, dan alat elektronik tersebut pun sudah dialiri listrik, siap digunakan.

3. Extension Stop Kontak

Apakah Anda masih kebingungan karena pemasangan instalasi listrik di rumah masih kurang? Khususnya untuk stop kontak. Tak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan stop kontak tambahan yang bisa ditemukan di toko alat elektronik.

4. Kabel Listrik

Kabel listrik juga memegang peranan yang sangat penting untuk instalasi listrik, sebab kabel menjadi penghantar listrik ke semua alat elektronik yang Anda pasang.

5. Steker Listrik

Alat yang satu ini merupakan sebuah colokan yang gunanya untuk menghantarkan listrik, yang awalnya dari stop kontak lalu dialirkan ke stop kontak lain dengan lubang yang berbeda. Ada beberapa bentuk, mulai dari arde, bengkok dan adapter T.

6. Fitting Lampu

Dudukan lampu adalah nama lain dari fitting lampu, gunanya untuk menyimpan bohlam supaya bisa tersambung dengan arus listriknya. Biasanya dudukan lampu hanya terdiri dari satu lubang, yang muat satu bohlam saja.

7. Bargainser atau Meteran Listrik

Mesin yang berada di luar rumah dan sering dicek oleh petugas PLN ini adalah meteran listrik atau bargainester. 

Petugas biasanya melihat berapa daya yang telah dipakai di dalam rumah tersebut dan mencatatnya. Fungsinya juga untuk pembatas daya utama, jika terjadi kelebihan daya bisa langsung dimatikan.

8. Pengaman Listrik

Terakhir, pengaman listrik yang berupa sekering listrik atau MCB. Menjadi pengaman listrik jika ada hubungan arus pendek yang terjadi. 

Jika rumah Anda luas, dalam proses instalasi listrik bisa dibagi menjadi beberapa ruangan terlebih dahulu dan diberikan pengaman listrik di tiap ruangan tersebut. Jadi saat terjadi hubungan arus pendek di satu ruangan, lalu sistem akan dimatikan otomatis, namun ruangan lain tetap aman dan menyala.

Setelah mengetahui beberapa macam peralatan untuk pemasangan instalasi listrik di rumah, Anda bisa memasang aliran listrik sendiri. Namun karena listrik bukan hal yang sederhana, lebih baik mempercayakannya pada Dwi Tunggal Electric. 

Spesialis instalasi listrik untuk rumah dan kantor Anda, juga menyediakan berbagai alat kelistrikan, serta melayani pemasangan plumbing dan fire protection.

Posting Komentar untuk "8 Peralatan Instalasi Listrik di Rumah"