Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Kubah Masjid di Indonesia, Mana yang Paling Estetik?

Anugerah Kubah Indonesia adalah salah satu perusahaan kontraktor kubah masjid yang cukup besar di Indonesia. Meskipun demikian, perusahaan ini tidak segan untuk memberikan konsultasi kepada para calon konsumennya. Informasi yang bisa diberikan biasanya terkait, jenis kubah masjid, cara pemasangan hingga harga.

Beberapa komitmen yang diberikan perusahaan ini antara lain : adanya garansi dan memesan sesuai kebutuhan (hal ini terkait dengan budget). Terkait garansi sendiri, teman-teman akan mendapatkan salinan tertulisnya, ya.

Jadi, jika suatu saat membutuhkan klaim, ada hitam di atas putih yang sangat membantu. Mau tahu berapa lama garansi tersebut? 30 tahun! Cukup lama, kan?

Selain itu, produk akan langsung diantarkan oleh pihak PT Anugerah Kubah Indonesia. Hal ini untuk menjaga kualitas produk sampai ke tangan pelanggan. Tidak hanya itu, pihak perusahaan akan datang ke lokasi jika memang dibutuhkan.

Nah, untuk Anda yang bertanya-tanya jenis kubah masjid apa saja yang ada di Indonesia, pastikan membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Jenis Kubah Masjid di Indonesia

Jenis Kubah Masjid di Indonesia

1. Kubah Enamel

Bahan yang digunakan dalam kubah enamel adalah plat baja putih, yang kemudian diberi cat pelapis yang mengandung porselen. 

Itulah mengapa, salah satu keunggulan kubah enamel adalah kecerahan dan ketajaman warna yang sangat bagus. Keunggulan lainnya adalah desainnya yang kokoh dan tidak mudah bocor.

Tidak mudah bocor sebab pada proses pelapisan enamel dibutuhkan suhu yang sangat tinggi, sehingga permukaan plat tak berpori, tahan cuaca dan tentu saja anti korosi.

2. Kubah Galvalum

Jenis kubah selanjutnya adalah galvalum. Galvalum sendiri merupakan plat besi yang memiliki beberapa lapisan seperti alumunium, seng, dan silikon.

Panel galvalum sendiri, termasuk yang paling banyak digunakan belakangan ini, karena cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Salah satu masjid yang menggunakan kubah jenis galvalum adalah Masjid Ar Royyan di UPN Seturan, Sleman, Yogyakarta.

Beberapa keunggulan kubah galvalum antara lain : daya rekat cukup kuat, mempunyai ketahanan terhadap panas yang cukup baik, dan anti karat.

3. Kubah Stainless

Bahan ini mungkin tidak asing lagi di telinga. Jenis kubah ini cukup banyak diminati, sebba harganya yang terbilang lebih terjangkau dan bahannya yang ringan.

Kubah stainless sendiri banyak digunakan untuk masjid yang tidak terlalu besar ataupun mushola. Beberapa keuntungan menggunakan kubah jenis ini adalah anti karat yang cukup baik, ringan dan tentu saja memiliki daya tarik tersendiri karena warnanya yang mengkilat.

4. Kubah Beton

Kubah selanjutnya adalah kubah jenis beton. Dari namanya saja, tentu kita sudah tahu bagaimana kekuatan dari kubah ini. Meskipun menggunakan beton, kita tetap membuat motif tersendiri untuk mempercantiknya.

Ketika ingin menggunakan kubah beton ini, tentu harus siap dengan tenaga yang banyak dan sekaligus biaya pembuatan lebih besar daripada kubah jenis lainnya.

Keempat jenis kubah di atas, adalah jenis kubah yang banyak digunakan di Indonesia. Teman-teman bisa mencari contoh desainnya terlebih dahulu atau menentukan anggaran yang akan digunakan untuk pembelian.

Salah satu manfaat dari kubah masjid adalah memberikan lambang keindahan dan kebesaran agama. Jadi tidak heran jika memang desain dan motif yang ada pada kubah masjid ini sangat variatif dan artistik.

Bahkan, beberapa masjid sangat terkenal karena memiliki kubah yang sangat menarik, seperti Masjid Kubah Emas (Depok) atau Masjid 99 Kubah (Makassar). Kedua masjid ini memang memiliki desain yang sangat artistik.

Setiap jenis kubah yang disebutkan di atas, tentu menyesuaikan dengan masjid yang ada atau akan dibangun. Beberapa masjid besar biasanya menggunakan bahan enamel dan beton, tapi ada juga yang menggunakan jubah galvalum.

Untuk masjid yang tidak terlalu besar, biasanya menggunakan bahan galvalum atau stainless. Nah, informasi seperti ini bisa teman-teman tanyakan langsung pada penyedia jasa pemasangan dan pembuatan kubah masjid.

Seperti yang kita bahas di awal, jika PT Anugerah Kubah Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bisa teman-teman tuju, mulai dari konsultasi hingga pemasangan kubah. Di website perusahaan ada portofolio yang bisa Anda lihat hasil kerjanya yang menakjubkan.

Posting Komentar untuk "4 Jenis Kubah Masjid di Indonesia, Mana yang Paling Estetik?"