Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan dari Microsoft PowerPoint

PowerPoint termasuk dalam software atau program andalan hasil dari microsoft office. Program ini memiliki banyak fungsi. Namun, fungsi khusus yang utama yakni digunakan dalam pembuatan slide dengan tutorial PowerPoint yang tertentu.

Penggunaan PowerPoint yang spesifik sering dikaitkan dengan merancang slide dokumen untuk kebutuhan presentasi. Sehingga PowerPoint sangat identik dengan kegiatan presentasi dalam berbagai bidang. Mulai dari bisnis hingga pendidikan.

Tidak heran, jika penggunaan PowerPoint cukup dikenal di kalangan pebisnis, perkantoran, maupun pelajar. Meskipun penggunaan PowerPoint tidak terlalu sering seperti penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Excel dalam kegiatan.

PowerPoint merupakan program yang sangat unik. Sebab tidak banyak program yang mampu memfasilitasi kebutuhan pembuatan slide untuk presentasi. Ditambah lagi, PowerPoint mudah untuk digunakan dan hasilnya pun memuaskan.

Bahkan PowerPoint juga dilengkapi dengan banyak animasi. Sehingga slide presentasi yang dibuat bisa semakin menarik. Alhasil, presentasi Anda dapat memukau peserta dan informasi yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Kelebihan PowerPoint

Kelebihan dan Kekurangan dari Microsoft PowerPoint

Sebagai program microsoft office, PowerPoint memiliki kualitas yang mumpuni. Berikut ini kelebihan dari PowerPoint yang bisa Anda manfaatkan. Bahkan, PowerPoint mampu memudahkan Anda dengan berbagai kelebihan di bawah ini.

1. Mempermudah merancang slide presentasi

Slide presentasi sangat penting bagi seorang presentator. Slide presentasi menjadi media seorang presentator untuk menyampaikan informasi atau materi di depan umum. Dengan PowerPoint, Anda bisa mempermudah merancang slide tersebut.

2. Tools yang mempercantik slide presentasi

PowerPoint memiliki banyak tools yang dapat mempercantik slide presentasi. Beberapa tools di PowerPoint, yaitu image, import, video import, animation import, text art, dan lainnya. Semua bisa membuat slide presentasi Anda menarik.

3. Fitur export ke pdf tersedia

Fitur export ke pdf yang disediakan PowerPoint juga memudahkan presentator membagikan slide presentasinya. File pdf dapat dibuka tanpa harus menggunakan platform microsoft. Sehingga slide presentasi tetap bisa disajikan dengan menarik.

4. Tersedia fitur kolaborasi

Fitur kolaborasi yang tersedia di PowerPoint juga memudahkan Anda untuk membagikan slide presentasi. Namun, fitur ini mampu digunakan untuk mengerjakan dan mengedit slide presentasi bersama-sama secara kolaborasi.

5. Tersedia fitur Cloud Service dari Microsoft

Microsoft juga memiliki penyimpanan seperti google dan dropbox. Penyimpanan ini disebut dengan Cloud Service. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyimpan dokumen yang sedang dikerjakan. Caranya dengan save to one cloud.

6. Fitur authoring yang advanced

Kelebihan PowerPoint berikutnya yakni adanya fitur authoring yang advanced. Fitur ini dapat membantu melindungi dokumen dari berbagai pihak tidak bertanggung jawab. Jadi slide presentasi Anda tetap terjaga keauthentikan isinya.

7. Dilengkapi jendela dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar

Anda juga akan terbantu dalam menggunakan PowerPoint meski masih seorang pemula. Sebab, PowerPoint mempunyai jendela yang berisi menu-menu dan tombol toolbar. Sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

8. Dapat dibuat dengan beragam format

Slide presentasi yang Anda buat juga dapat disajikan dengan beragam format dokumen. PowerPoint telah memfasilitasi diri agar lebih mudah digunakan juga oleh para peserta. Slide presentasi berbentuk softcopy atau lain sesuai kebutuhan.

Kekurangan PowerPoint

Tidak hanya mempunyai kelebihan, PowerPoint juga memiliki kekurangan. Kekurangan berikut ini bisa menjadi perhatian khusus bagi Anda. Sehingga Anda dapat menyiasati penggunaan PowerPoint dalam merancang slide presentasi.

1. Penggunaan platform yang terbatas

PowerPoint sebagai produk microsoft memang tidak bisa digunakan pada platform lain. Misalnya, linux dan mac. PowerPoint hanya dapat digunakan di platform windows. Sehingga tidak semua orang dapat membuka file PowerPoint.

2. Setiap versi PowerPoint tidak memiliki kestabilan yang sama

Saat Anda membuat slide presentasi di PowerPoint versi tahun 2007 dengan segala fitur menarik dan sempurnanya. Maka besar kemungkinan slide presentasi ini tidak akan menarik dan sempurna saat digunakan di PowerPoint versi terbaru.

3. Software dengan sistem operasi yang berat

Software microsoft office tergolong membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni untuk mengoperasikannya. Termasuk juga PowerPoint. Sehingga, sangat wajar saat Anda membuat slide terjadi crash atau hang pada komputer.

4. Software yang memiliki harga mahal

Microsoft office memang dikenal sebagai software dengan harga mahal. Wajar jika tidak semua orang memiliki software tersebut. Apalagi bagi perusahaan-perusahaan kecil yang masih merintis dan bukan menjadi pasar microsoft.

5. Tidak banyak animasi yang menarik

PowerPoint memang dilengkapi dengan animasi agar slide presentasi menjadi menarik. Sayangnya, tidak banyak animasi yang menarik untuk bisa digunakan. Terlebih, penggunaan animasi bisa membuat pergerakan slide jadi lebih lambat.

6. Fitur standar membuat slide kurang kreatif

Meskipun banyak dilengkapi fitur-fitur andalan. Fitur tersebut masih tergolong standar. Alhasil, slide presentasi jadi kurang kreatif dan monoton. Bahkan slide presentasi Anda bisa memiliki tamplate yang sama dengan slide presentasi lainnya.

7. Proses desain slide yang lama

PowerPoint juga memiliki kekurangan pada proses desain slide yang lama. Jika Anda ingin slide yang cepat maka ada risiko kesamaan pada slide. Namun, jika ingin slide berbeda agar lebih unik, maka bersiaplah dengan pembuatan yang lama.

8. Membutuhkan kemampuan untuk menjalankan presentasi

Tidak hanya pembuatan slide presentasi yang membutuhkan waktu lama. Anda juga membutuhkan kemampuan untuk menjalankan presentasi. Khususnya tenaga pendidik yang perlu mengoperasikan program ini agar berjalan tanpa hambatan.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari PowerPoint yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Terutama sebelum Anda mempelajari tutorial PowerPoint lebih dalam dan memanfaatkannya untuk mempermudah kegiatan presentasi.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan dari Microsoft PowerPoint"