Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab Perut Buncit?

Perut Buncit adalah kondisi perut yang terlihat besar dan membengkak, serta dapat dialami oleh pria maupun wanita. Kondisi itu dapat terjadi akibat penumpukan lemak visceral di dalam rongga perut yang menutupi organ internal tubuh hingga membuat perut buncit dan pinggang besar.

Lalu, kenapa perut buncit bisa terbentuk dan apa saja akibat yang dapat ditimbulkan jika membiarkan penumpukan lemak visceral tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Penyebab Perut Buncit?

Apa Penyebab Perut Buncit?

Kondisi perut buncit biasanya disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup yang buruk seperti tidak menjaga asupan makanan dan kurangnya aktivitas fisik sehingga terjadi penumpukan cadangan lemak di sekitar perut.

Penumpukan lemak besar di perut ini dapat diketahui dengan mengukur lingkar pinggang. Apabila lingkar pinggang pria lebih dari 90 cm dan wanita lebih dari 80 cm, maka perlu diwaspadai karena itu merupakan tanda terjadinya penumpukan lemak.

Berikut ini merupakan kebiasaan umum yang dapat menyebabkan perut buncit.

1. Pola Makan tidak Teratur

Pola makan dan jenis asupan sehari-hari sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, karbohidrat berlebih, dan tinggi lemak jenuh dapat mempengaruhi metabolisme dan simpanan lemak dalam tubuh.

2. Minim Aktivitas Fisik

Tanpa berolahraga atau aktivitas fisik yang rutin dan seimbang, tubuh akan terus menyimpan cadangan lemak dari asupan kalori yang masuk dan akan menumpuk hingga menyebabkan perut buncit dan keras.

3. Kurang Tidur

Kurang istirahat dan kualitas tidur rendah dapat menyebabkan peningkatan lemak pada area perut.

4. Konsumsi Alkohol

Kandungan kalori pada minuman alkohol cukup tinggi, sehingga mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat meningkatkan lemak visceral, terutama pada laki-laki.

5. Stres

Ketika Anda stress, akan terjadi peningkatan hormon kortisol dalam tubuh yang menyebabkan peningkatan nafsu makan yang dapat mempengaruhi Anda untuk makan secara berlebihan dan meningkatkan asupan kalori dan penumpukan lemak.

Risiko yang Muncul Akibat Perut Buncit

Tidak hanya mengganggu penampilan, perut buncit juga berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika dibiarkan terus menerus.

Beberapa risiko penyakit akibat penumpukan lemak visceral dan perut buncit ini antara lain kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan stroke, dementia, kanker hingga penyakit hati.

Cara Mengatasi Perut Buncit Secara Alami

Bahaya yang dapat ditimbulkan dari penumpukan lemak pada perut ini cukup mengkhawatirkan. Lantas, bagaimana cara agar perut tidak buncit?

Berikut ini beberapa tips dan kebiasaan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengecilkan perut buncit.

1. Olahraga secara Rutin

Cara agar perut tidak buncit adalah dengan menerapkan kebiasaan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari yang dapat dilakukan dengan berjalan kaki, jogging, atau berenang.

2. Atur Pola Makan dan Perhatikan Kandungan Makanan

Mengatur pola makan dengan baik dan memperhatikan kandungan makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat penting untuk mencegah perut buncit.

Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat berlebih, serta perbanyak konsumsi protein seperti daging, tahu, dan tempe. Selain itu, tingkatkan konsumsi serat seperti buah dan sayur.

3. Istirahat Cukup dan Hindari Stres

Untuk menjaga stabilitas metabolism tubuh, pastikan Anda istirahat yang cukup, memperbaiki kualitas tidur, dan menghindari stres. Kebiasaan ini cukup penting untuk mencegah maupun mengecilkan perut buncit.

4. Meningkatkan Konsumsi Cairan

Tingkatkan konsumsi cairan seperti air putih, smoothies rendah gula, dan sup rendah garam untuk mencegah makan berlebih dan dapat melancarkan pencernaan.

5. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol

Rokok dan minuman beralkohol meningkatkan risiko perut buncit, untuk itu, Anda harus mengurangi atau berhenti mengonsumsi keduanya.

Berdasarkan uraian di atas, perut buncit merupakan tanda bahwa hidup Anda tidak sehat dan berbagai penyakit sudah siap mengintai. Maka dari itu, mulailah kebiasaan sehat setiap hari dan hindari perut buncit untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Apa Penyebab Perut Buncit?"