Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Lulusan S-1 Farmasi Akan Tetap Menjanjikan di Masa Depan?

Meskipun persaingan di dunia kerja akan terus semakin ketat, namun eksistensi jurusan farmasi masih tetap menjadikan lulusannya dinanti oleh berbagai perusahaan. Oleh karenanya biaya kuliah farmasi yang lumayan juga menjadi sepadan dengan prospek masa depannya.

Mungkin hal ini akan membuat Anda bertanya, mengapa lulusan di bidang medis ini bisa unggul di dunia kerja? Ternyata hal ini disebabkan oleh materi pelajaran farmasi dan skill yang dipelajari dalam prodi ini dinilai cocok untuk berbagai macam institusi di era serba modern ini.

Berbagai Peluang Karir untuk Lulusan Farmasi

Mengapa Lulusan S-1 Farmasi Akan Tetap Menjanjikan di Masa Depan?

Salah satu peluang kerja dari alumni farmasi yang paling terkenal yaitu menjadi apoteker. Selain menjadi apoteker sebuah klinik atau rumah sakit, Anda juga dapat menjadi apoteker di sebuah apotek mandiri.

Namun ternyata tak hanya dapat berkiprah di bidang kesehatan sebagai apoteker, para lulusan farmasi punya banyak peluang memasuki industri lainnya. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Product developer

Biasanya sebuah perusahaan obat, kosmetik dan skincare butuh formulasi saat akan meluncurkan sebuah produk. Sehingga di sinilah lulusan farmasi dibutuhkan untuk mengisi tugas ini. Sehingga biaya kuliah farmasi swasta yang bersaing tetap setimpal dengan banyaknya peluang kerja yang ada.

2. Pengajar

Bagi Anda yang mengambil jurusan S1 Farmasi, Anda bisa menjadi pengajar. Beberapa SMK yang memiliki jurusan farmasi membuka lowongan ini. Untuk berkumpul dengan sesama alumni farmasi Anda dapat mengunjungi https://pafimorotai.org/

3. Peneliti

Alumni farmasi berkesempatan menjadi peneliti bersama dokter maupun ilmuwan lainnya. Salah satunya sebab mata kuliah farmasi menyajikan materi tentang praktikum farmasi sehingga cukup relevant untuk menjadi peneliti. Seperti mencari data, uji coba hingga membuat hipotes dan mencari kesimpulan hasil penelitiannya.

4. Petugas regulator

Tugas utamanya yaitu memastikan produk telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bisanya seperti lembaga Badan POM. Sehingga tugas Anda menciptakan alur/prosedur pembuatan, SOP hingga audit segala proses pengolahannya.

5. Quality controller

Sebagai quality controller atau sering disebut QC, maka tugas utamanya memastikan akan standar pada sebuah produk yang dibuat baik standar pemerintah maupun standar perusahaan. Sehingga lulusan farmasi biasanya dibutuhkan untuk mengisi lowongan QC terutama untuk perusahaan di bidang farmasi, makanan maupun kosmetik.

6. Pengacara paten

Dunia farmasi tidak akan jauh dari adanya penelitian hingga penemuan baru. Sehingga terkadang butuh dipatenkan sebagai kekayaan intelektual perusahaan. Oleh karenanya, peran pengacara paten ini dibutuhkan.

7. Penulis

Lulusan farmasi dapat menjadi penulis topik sains dan tulisan keilmiahan lainnya. Tugas utamanya yaitu menjelaskan teori sains, cara praktik hingga informasi komplek lainnya. Harapannya dengan ditulis seseorang yang berkompeten menjadi mudah dimengerti oleh masyarakat umum

8. Regulatory affairs

Tugasnya yaitu memastikan bahwa produk farmasinya sudah memenuhi aturan yang berlaku. Beberapa produk farmasi yang dimaksud yaitu kosmetik, obat hewan, pestisida, dan peralatan diagnosis. Sehingga biaya kuliah farmasi negeri yang meningkat, tak menyurutkan minat calon mahasiswa memilih jurusan ini.

Oleh karenanya, lulusan farmasi tak perlu cemas terkait nasib kerjanya. Sebab masih banyak prospek karir yang dapat Anda pilih. Jika tertarik salah satunya, Anda juga bisa kunjungi https://pafimorotai.org/ untuk bergabung bersama persatuan Ahli Farmasi Indonesia terutama wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Posting Komentar untuk "Mengapa Lulusan S-1 Farmasi Akan Tetap Menjanjikan di Masa Depan?"