Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Mengurangi Stres Saat Kuliah Farmasi

Kuliah farmasi bukanlah jurusan yang mudah, karena tidak hanya mempelajari tentang ilmu kedokteran. Lebih dari itu, materi yang mahasiswa farmasi kuasai cukup kompleks.

Jika kedokteran berkaitan dengan anatomi tubuh, maka farmasi harus memahami banyak bidang ilmu. Terutama untuk Biologi, Fisika, dan Kimia.

Walau dalam proses mempelajari ilmu kefarmasian tidak mudah, namun tetap harus melewati dengan baik. Anda dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi stres saat mata kuliah farmasi. \

Tips Mengurangi Stres Saat Kuliah Farmasi

Tips Mengurangi Stres Saat Kuliah Farmasi

Beberapa orang yang pernah kuliah jurusan farmasi mengalami perasaan campur-aduk. Dari kesulitan memahami materi, muncul perasaan ragu seolah salah ambil jurusan, hingga ada yang stres dan ingin menyerah saja.

Belum biaya yang tidak sedikit, termasuk biaya kuliah farmasi negeri. Akan tetapi, setelah proses panjang setiap kesulitan dapat dilalui.

Terutama untuk mengurangi stres saat kuliah farmasi. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tetap fokus menimba ilmu dan lulus dalam bidang farmasi, yaitu:

1. Istirahat Sejenak

Tidak hanya mata kuliah farmasi yang membuat stress, hampir semua mata kuliah memiliki kesulitan tersendiri. Ketika mulai kehilangan fokus, maka coba untuk istirahat sejenak.

Anda bisa sebentar menghela nafas untuk membuat rilex. Bisa juga bersantai di tempat yang memiliki udara sejuk dan segar.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan lagu favorite Anda dapat membantu mengembalikan mood. Untuk itu, ketika mulai suntuk dan penat dengan pelajaran farmasi maka bisa disela sambil mendengarkan musik.

3. Bermain Game

Biaya kuliah farmasi tidaklah murah, sehingga saat kamu mengalami kesulitan jangan menyerah begitu saja. Saat otak mulai lelah, mumet, dan stres lakukan hal yang menjadi hobi kamu.

Misalnya bermain game. Akan tetapi, jangan sampai kebablasan yang membuat Anda lupa waktu belajar maupun mengerjakan tugas.

Ingatlah seberapa besar biaya kuliah farmasi swasta yang sudah Anda keluarkan. Ini bukan tentang nominal, tetapi untuk menghargai hasil kerja keras dalam mendapatkan biaya kuliah tersebut.

4. Menonton Film

Selain bermain game, menonton film menjadi alternatif untuk mengatasi stres karena kuliah farmasi yang rumit. Anda bisa menonton film di bioskop atau streaming melalui aplikasi.

5. Mengikuti Kegiatan Non-Akademis

Aktif mengikuti kegiatan non akademik membantu dalam mengurangi stres. Anda bisa bergabung dengan komunitas atau menjadi sukarelawan kesehatan.

Pilih kegiatan yang dapat memberikan pengalaman berharga atau wawasan baru. Salah satunya bergabung dengan https://pafibangkalan.org/.

PAFI Bangkalan adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia cabang Bangkalan sebagai organisasi yang hadir di tengah masyarakat untuk pengabdian. Selain itu, untuk terus berkarya dalam bidang kefarmasian.

Ada banyak kegiatan positif, seperti penyuluhan dan penelitian. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengalaman baru Anda bisa bergabung menjadi anggota dengan mendaftar melalui website https://pafibangkalan.org/.

Oleh sebab itu, hadapi kesulitan setiap kali mengikuti mata kuliah jurusan farmasi. Ketika stres, kelola sebaik mungkin dengan melakukan kegiatan yang lebih positif dan mampu mengembalikan mood.

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Mengurangi Stres Saat Kuliah Farmasi"