Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rasa Ngilu pada Gigi Berlubang

Gigi berlubang yang menimbulkan rasa ngilu menjadi salah satu keluhan pada gigi yang sangat mengganggu. Untuk itulah, ketahui cara menghilangkan ngilu pada gigi berlubang dengan tepat.

Rasa ngilu pada gigi berlubang bisa terjadi karena mengonsumsi makanan dan minuman manis. Penyebab lainnya, karena tidak merawat kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Informasi selengkapnya, simak di sini!

Cara Mengatasi Rasa Ngilu pada Gigi Berlubang

Cara Mengatasi Rasa Ngilu pada Gigi Berlubang

Gigi berlubang pada awalnya terbentuk karena ada lubang kecil akibat pembusukan. Pembusukan terjadi karena ada bakteri yang menumpuk di permukaan gigi dan area garis gusi atau plak.

Bakteri yang ada dalam plak memicu asam yang membuat lubang kecil pada gigi dan akan memunculkan rasa ngilu. Jenis bakteri pemicu pembusukan adalah bakteri Streptococcus mutans atau S. mutans. Untuk mengatasi masalah ini, berikut langkah-langkahnya:

1. Menambal Gigi

Penambalan gigi bisa untuk menghilangkan rasa ngilu pada gigi berlubang. Dokter gigi akan menambal gigi dengan prosedur mengisi bahan khusus ke dalam bagian gigi berlubang, seperti porselen, komposit, dan resin.

2. Cabut Gigi

Cara mengatasi linu pada gigi berlubang adalah dengan prosedur mencabut bagian gigi yang berlubang. Pencabutan gigi menjadi pilihan, jika kondisi gigi sudah parah dan sulit dipulihkan dengan ditambal.

Jika memutuskan cabut gigi, akan ada celah pada gigi yang mengakibatkan gigi lainnya bergeser. Untuk mengatasi kondisi yang demikian, tidak ada salahnya Anda pasang gigi palsu atau implan gigi.

3. Perawatan Fluoride

Perawatan fluoride sangat maksimal diberikan kepada penderita dengan kondisi lubang gigi masih sangat kecil atau masih fase permulaan. Perawatan gigi berlubang dalam kondisi berat kurang direkomendasikan.

Perawatan ini dilakukan dengan cara, dokter gigi menggosokkan fluoride berbagai bentuk, seperti cair, gel, busa, maupun pernis ke bagian gigi yang berlubang selama beberapa menit.

4. Menyikat Gigi Secara Rutin

Menyikat gigi teratur dua kali sehari menggunakan pasta gigi khusus gigi ngilu bisa mengurangi rasa ngilu pada gigi berlubang. Anda bisa memilih Pepsodent yang mengandung bahan kalium sitrat.

Bahan ini sebagai obat ngilu pada gigi berlubang dapat membantu meredakan rasa ngilu sekitar 30 detik setelah pemakaian. Kandungan ion kalium memblokir sinaps antar sel-sel saraf, hal inilah yang bisa mengurangi rasa ngilu pada gigi.

5. Perawatan Saluran Akar Gigi

Meredakan ngilu pada gigi berlubang dapat menggunakan root canal (perawatan saluran akar). Perawatan ini cocok untuk penderita gigi berlubang, namun sudah berada di pulpa (bagian dalam gigi) maupun syaraf yang telah mati.

Dokter gigi akan mengatasi masalah ini dengan cara membuang jaringan saraf pada masing-masing bagian yang busuk. Kemudian, dokter melakukan penambalan dan gigi tidak perlu dicabut.

6. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Penderita gigi berlubang bisa mengatasi ngilu pada gigi berlubang dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Mengonsumsi demikian bisa masuk rongga gigi yang berlubang dan mengakibatkan rasa nyeri dan ngilu tiba-tiba.

WHO merekomendasikan konsumsi gula yang tepat adalah 50 gr gula atau 4 sdm per hari. Jumlah yang berlebihan harus dibatasi agar risiko kesehatan, salah satunya kerusakan gigi bisa diminimalisir.

7. Prosedur Crown

Jika pembusukan gigi sangat parah sampai gigi rapuh dan sulit ditambal, maka dokter akan mengambil langkah membuat crown gigi atau mahkota. Dokter gigi akan memasang mahkota gigi palsu pada atas gigi yang telah rusak.

Gigi rusak sebagian akan dikikis dan disisakan bagian kecil untuk tumpuan crown gigi palsu. Crown palsu bahannya bisa dari porselen, emas, porselen fusi logam, resin, dan lainnya.

Cara menghilangkan rasa ngilu pada gigi berlubang sangat mudah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan takut untuk perawatan gigi berlubang sejak dini. Semakin cepat gigi berlubang ditangani, maka rasa ngilu yang sering dirasakan akan berkurang bahkan hilang.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Rasa Ngilu pada Gigi Berlubang"