Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Macam-Macam Gadget yang Ada Saat Ini

Generasi millenial sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gadget. Apalagi di era serba digital seperti saat ini, mempunyai gadget seperti handphone dan laptop menjadi sebuah keharusan. Dalam dunia usaha misalnya, laptop bisnis terbaik selalu menjadi incaran para pengusaha.

Jika ditilik dari KBBI, gadget merupakan kata saduran dari Bahasa Inggris. Gadget atau dalam Bahasa Indonesianya adalah gawai, merupakan suatu perangkat elektronik ringkas yang mempunyai fungsi khusus. Setiap waktunya, gawai selalu memberikan pembaharuan sehingga sesuai dengan perkembangan zaman.

5 Manfaat dan Kegunaan Gawai

Manfaat dan Kegunaan Gawai

Gadget diciptakan sepraktis mungkin sehingga memudahkan penggunanya. Bahkan dalam keadaan normal, gadget bisa dibawa kemanapun tanpa terhubung dengan sambungan listrik. Dengan kata lain, gadget mempunyai baterai yang bisa diisi kembali ketika baterai habis (charging).

Dalam penggunaannya di kehidupan manusia sehari-hari, gawai mempunyai banyak manfaat. Setidaknya ada 5 fungsi utama yang melekat pada penggunaan gawai di zaman serba digital seperti saat ini:

1. Sebagai Media Komunikasi

Telepon genggam zaman sekarang beda dengan zaman dahulu. Untuk komunikasi dua arah, smartphone mendominasi pasar gadget dunia. Banyak sekali merk smartphone yang berlomba-lomba menawarkan produk terbaiknya sesuai dengan budget yang dibandrol.

Selain smartphone, sebagai media komunikasi adalah pula gadget lain seperti smartwatch bahkan hingga laptop bisnis terbaik untuk menjalin komunikasi antara penjual dengan pelanggan.

2. Akses Berita dan Informasi

Gen Z sudah diperkenalkan dengan kecepatan berita dan informasi yang bisa diakses melalui internet. Untuk menjelajahi internet, diperlukan gawai terbaru agar manusia tidak ketinggalan informasi. Dengan duduk di rumah saja, seluruh informasi yang ada di dunia sudah bisa diakses melalui sambungan internet.

3. Menambah Wawasan

Wawasan dan pemahaman juga akan bertambah seiring semakin canggihnya fungsi gadget. Tidak melulu terpaku dalam wawasan dalam negeri, akses internet membantu manusia untuk menambah pemahaman bahkan hingga ke luar angkasa.

4. Entertainment

Tingkat stress meningkat seiring dengan masalah yang dihadapi manusia setiap harinya. Maka dari itu, manusia butuh yang namanya hiburan. Dalam konteks ini, gadget bisa digunakan untuk tujuan entertain. Contohnya saja ketersediaan musik dan video yang bisa dengan mudah dibuka lewat smartphone.

5. Lifestyle

Yang tidak kalah pentingnya, kini gadget sudah berubah menjadi suatu gaya hidup. Berkembangnya gadget dari masa ke masa berpengaruh terhadap pola hidup manusia. Sebut saja anak muda jaman sekarang jarang sekali yang tidak punya smartphone keluaran terbaru.

Ada sisi positif dan negatifnya dalam penggunaan gawai. Jika mempunyai usaha, gadget bisa menjadi penunjang pemasaran produk. Doran gadget distributor garmin menyediakan berbagai gawai elektronik untuk menunjang kehidupan berinternet dan kegunaan bisnis lainnya.

5 Macam Jenis Gawai

Pasar gadget menyediakan berbagai macam gawai yang siap dipinang para pembelinya. Jangan salah, gadget bukan hanya sebatas ponsel pintar. Ada beberapa gawai yang juga mendominasi pasar gadget. Simak penjelasan jenis-jenis gawai berikut ini:

1. Smartphone

Handphone sudah disulap menjadi ponsel pintar (smartphone) yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Bedanya handphone jaman dahulu dengan zaman sekarang terdapat pada sistem operasi.

Sejauh ini ada 3 sistem operasi smartphone yang dikenal pengguna gadget, yaitu Windows, iOS, dan Android. Ketiganya bisa ditemukan di masing-masing brand pengusungnya.

2. Komputer

Generasi millenial dan Gen Z sudah tidak asing lagi dengan penggunaan komputer. Kini komputer sudah dikembangkan menjadi sangat praktis, yaitu laptop. Mulai dari anak sekolah hingga pekerja, sering membutuhkan gawai yang satu ini.

Sistem operasi yang diusung laptop juga berbeda-beda. Yang populer, ada sistem operasi Mac, Windows, dan Linux. Masih ada sistem operasi lainnya yang ditawarkan untuk melengkapi kinerja laptop.

3. Tablet

Smartphone dikenal sebagai gawai yang paling ringkas. Tapi jika ingin gadget yang ukurannya lebih besar tapi tetap mempunyai kegunaan yang sama, tablet adalah solusinya. Tablet atau iPad membuat penggunanya bisa melihat objek di dalamnya lebih besar dari pada smartphone.

4. Kamera

Kamera bukan sembarang kamera, kini sudah hadir kamera digital yang menjadi gadget praktis untuk berfoto ria. Kamera digital termasuk dalam gadget yang dalam perkembangannya selalu memberikan penambahan fungsi baik penangkapan foto maupun video.

5. Headphone/Headset

Gadget tidak melulu berbentuk seperti smartphone atau laptop yang bisa dioperasikan. Headphone juga bisa disebut gadget ditinjau sesuai dengan pengertiannya. Dengan menggunakan barang ini, pengguna bisa mendengarkan video dan musik dengan jelas tanpa suaranya mengganggu orang lain.

Masih banyak lagi gadget-gadget yang tersedia di toko elektronik. Banyak gawai yang bisa ditemukan di toko online Doran gadget distributor garmin, mulai dari smartphone, aksesorisnya, hingga drone. Siap-siap bingung ketika mengakses situsnya, karena customer akan melihat banyak pilihan gadget sesuai dengan spesifikasi dan budget.

Sayangnya penggunaan gadget yang berlebihan bisa menimbulkan suatu ketergantungan, terlebih pada usia anak. Pengawasan orang tua sangat dibutuhkan agar penggunaan gadget bisa tetap sesuai dengan fungsinya.

Posting Komentar untuk "5 Macam-Macam Gadget yang Ada Saat Ini"