Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Memilih Cat Interior Rumah Minimalis

Memilih cat interior rumah tidak boleh asal dan sembarangan. Pasalnya, rumah menjadi tempat tinggal atau hunian yang setiap waktu menemani kehidupan Anda dan keluarga. Sehingga perlu ada nuansa nyaman dan menyenangkan di rumah.

Salah satunya dengan memilih warna cat interior rumah yang tepat. Sebab, warna mampu memberi dampak pada suasana dalam rumah. Meski demikian tentu tidak mudah memilih cat tembok interior terbaik, apalagi ada banyak cat interior rumah.

Namun jangan khawatir. Anda bisa menggunakan tips tertentu agar tidak salah dalam memilih cat interior. Tips ini bisa Anda terapkan sebelum memilih warna cat interior untuk rumah minimalis Anda.

Mengenal Rumah Minimalis

Minimalis berarti sesuatu yang sederhana tapi memberikan efek baik. Sehingga rumah minimalis mempunyai makna hunian dengan tata ruang yang sederhana tetapi efisien. Bahkan tata ruang ini juga dicirikan dengan ruang bertingkat.

Meski demikian, masih banyak anggapan bahwa rumah minimalis merupakan hunian yang sempit. Namun, rumah minimalis sangat populer belakangan. Hal ini berkat karakteristik hunian minimalis yang simpel tapi luas dalam pandangan.

Beberapa karakteristik rumah minimalis, yaitu sederhana dalam tata ruang, bangunan geometris, fungsi jendela optimal, furniture multifungsi, ruangan terang dan terbuka, mini sekat dan pembatas, serta warna cat interior rumah lembut.

Untuk memperoleh warna cat interior rumah yang lembut, Anda bisa memilih cat tembok interior terbaik. Ada banyak cat interior rumah minimalis yang ada di pasaran. Anda bisa memilih dengan mengikuti tips yang diulas berikut ini.

8 Tips Memilih Cat Interior Rumah Minimalis

Tips Memilih Cat Interior Rumah Minimalis

Cat interior rumah minimalis sering kali dipilih berdasarkan warna dasar. Biasanya warna dasar ini menjadi warna kesukaan banyak orang. Sebab, warna dasar memiliki kelebihan yakni mudah dikombinasikan dan sangat dekoratif.

Selain itu, cat interior juga bisa dipilih dengan warna senada. Sehingga warna tersebut menambah aksen pada seluruh interior rumah yang Anda miliki. Bahkan Anda bisa mengatur aksesoris dinding untuk menambah keindahan interior.

Interior sendiri merupakan kata untuk menyebut bagian dalam suatu gedung atau bangunan. Umumnya, bagian dalam ini ditata dengan barang atau furniture. Lalu dihias dengan tata ruang tertentu, termasuk juga dilakukan pengecatan dinding.

Pengecatan pada dinding dapat mempengaruhi suasana ruangan hingga kondisi rumah. Misalnya, cat interior bagian kamar si kecil bisa diwarnai dengan warna cerah. Berikut tips memilih cat interior rumah minimalis yang bisa Anda terapkan.

1. Memahami desain rumah

Tips pertama yakni memahami desain atau arsitektur rumah. Dengan memahami desain rumah, Anda bisa mengetahui secara rinci apa saja detail atau elemen yang ada dalam rumah. Sehingga warna cat tembok bisa menunjang nuansa minimalis.

2. Mengetahui banyak referensi warna cat interior

Dengan mengetahui banyak referensi warna cat interior rumah, Anda bisa memilih cat tembok interior terbaik. Gunakan internet atau kunjungi toko cat interior terdekat agar tidak salah informasi. Pertimbangkan juga karakter rumah.

3. Memperhatikan warna dalam skema

Skema warna bisa memudahkan Anda memilih cat interior. Skema ini memiliki teori warna tertentu agar cocok saat dipadukan dengan warna lain. Jadi, Anda sudah dapat melakukan dekorasi rumah hanya melalui cat interior rumah saja.

4. Sesuaikan warna dengan furnitur rumah

Warna pada tembok bisa menimbulkan efek minimalis jika disesuaikan dengan furniture yang ada dalam rumah. Beberapa warna yang bisa dipilih dapat disandingkan dengan warna meja, kursi, lemari, atau furnitur utama lainnya.

5. Menggunakan warna yang netral

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memilih warna netral memiliki banyak kelebihan. Anda juga bisa menggunakan warna ini untuk seluruh bagian tembok dalam agar tidak terlihat kontras dan membuat ruangan tampak sempit.

6. Memadukan warna dengan pencahayaan

Penting untuk menyesuaikan warna interior dengan pencahayaan. Caranya dengan menentukan bagian gelap dan terang ruangan. Kemudian pilih warna yang tepat agar ruangan gelap tetap tampak terang dan ruangan terang tidak terlalu terang.

7. Menyusun warna secara vertikal

Tips ini masih berhubungan dengan gelap dan terang ruangan. Anda bisa menyusun warna secara vertikal seperti replikasi di luar ruangan. Umumnya lingkungan luar mempunya warna gelap dari bawah lalu semakin terang ke atas.

8. Menyesuaikan warna dengan aksesoris dinding

Tidak kalah penting, Anda harus menyesuaikan warna dengan aksesoris dinding dalam rumah. Misalnya, warna jam dinding, lukisan, atau bingkai foto. Hal ini tak hanya memberi kesan dekoratif dan indah tapi juga membuat ruangan tampak luas.

Rekomendasi Cat Interior Rumah Minimalis


Ada banyak cat interior rumah sudah beredar di pasaran. Tentu saja, Anda bisa kebingungan memilih cat tembok interior terbaik. Avitex cat tembok dapat menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk rumah minimalis yang Anda miliki.

Avitex cat tembok sendiri merupakan salah satu cat tembok interior dengan bahan dasar styrene acrylic emulsion sebagai zat resin terbaik. Zat ini membuat cat dapat menempel sempurna pada tembok. Sehingga mudah dalam proses pengecatan.

Selain itu, Avitex cat tembok juga diproduksi menggunakan pigmen terpilih agar hasil akhir tampilan warna pada dinding tampak sempurna. Sentuhan warna dengan cita rasa tinggi ditambah formula baru anti jamur jadi pilihan tepat.

Keunggulan lain dari Avitex sebagai cat interior rumah yakni warna cat interior rumah tahan lama dan bebas merkuri serta logam berat. Hal ini sangat aman digunakan di dalam ruangan. Khususnya bagi kenyamanan keluarga.

Posting Komentar untuk "8 Tips Memilih Cat Interior Rumah Minimalis"