Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis-Jenis Transaksi Investasi Reksa Dana

Saat ini masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana pentingnya investasi untuk menyiapkan masa depan yang lebih nyaman.

Investasi sendiri adalah sebuah upaya yang dilakukan dengan cara menanamkan dana atau modal kemudian mengharapkan keuntungan atau return di masa depan.

Contoh paling sederhana adalah Anda membeli sebidang tanah kemudian membiarkannya begitu saja sampai sepuluh tahun kemudian Anda menjualnya dan Anda mendapatkan keuntungan 30 persen, itu adalah contoh dari investasi.

Namun sekarang investasi sudah sangat beragam jenisnya mulai dari investasi saham, reksa dana, bahkan sekarang ada aset kripto yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi Anda harus mengetahui terlebih dahulu instrumen investasi apa yang akan Anda gunakan.

Salah satu opsi yang bisa Anda pilih jika tidak mau ribet memantau perkembangan maupun pergerakan instrumen investasi Anda setiap hari, Anda bisa memilih instrumen investasi reksa dana.

Salah satu kelebihan investasi reksa dana Anda tidak perlu memantaunya setiap saat seperti Anda melakukan investasi di saham atau investasi di aset kripto yang fluktuasinya sangat cepat.

Setelah mengetahui jenis instrumen investasi apa yang akan Anda pilih, selanjutnya Anda bisa memilih platform yang Anda gunakan untuk melakukan investasi.

Saat ini sudah banyak sekali platform yang memberikan kemudahan untuk melakukan investasi dan menyiapkan masa depan Anda tanpa ribet, salah satunya adalah Manulife Investment Management.

Jenis Transaksi Investasi Reksa Dana

Jenis Transaksi Investasi Reksa Dana

Setelah menentukan pilihan platform apa yang akan digunakan, kini saatnya memahami jenis transaksi dalam investasi reksa dana apa saja.

Transaksi dalam investasi reksa dana dibagi menjadi tiga yaitu transaksi pembelian, transaksi penjualan, dan yang terakhir adalah transaksi pengalihan. Masing-masing transaksi memiliki tujuan tersendiri.

1. Transaksi Pembelian

Transaksi pembelian dalam investasi reksa dana adalah transaksi pertama kali yang dilakukan, untuk jumlah pembelian dana tidak ada batas minimal atau maksimalnya.

Batas tersebut tergantung pada manajer investasi yang Anda gunakan. Bahkan saat ini ada transaksi reksa dana yang sangat kecil yaitu mulai dari 10 ribu sudah bisa melakukan investasi di reksa dana.

Setelah transaksi pembelian Anda juga bisa melakukan transaksi penambahan atau top up, yaitu menambahkan sejumlah dana untuk dimasukkan dalam akun investasi Anda.

2. Transaksi Penjualan

Jenis transaksi yang kedua adalah transaksi penjualan atau bisa juga disebut pencairan, yaitu transaksi dimana Anda sebagai pemilik dana bisa menarik kembali dana di reksa dana beserta keuntungan yang sudah Anda dapatkan.

Namun dalam setiap transaksi penjualan Anda sebagai investor akan dikenakan biaya penarikan, untuk besarannya tergantung masing-masing manajer investasi.

Salah satu kelebihan investasi reksa dana adalah Anda tidak perlu terlalu sering melakukan penjualan sehingga tidak akan dikenakan biaya penarikan berkali-kali.

3. Transaksi Pengalihan

Transaksi yang ketiga yang ada dalam investasi reksa dana adalah transaksi pengalihan yaitu untuk memindahkan investasi Anda dari satu jenis reksa dana ke reksa dana yang lain.

Transaksi ini juga menjadi kelebihan investasi reksa dana karena membuat Anda tidak perlu melakukan penarikan jika ingin pindah ke reksa dana yang lain sehingga lebih efektif dan efisien.

Jenis Investasi Reksa Dana

Untuk Anda yang belum mengetahui jenis-jenis dari reksa dana itu ada empat dan masing-masing memiliki tingkat return yang berbeda-beda.
  1. Reksa dana yang pertama adalah reksa dana pasar uang, dimana dana investor akan dikelola oleh manajer investasi di pasar uang.
  2. Reksa dana pendapatan tetap adalah reksa dana yang dana investornya akan dikelola dalam bentuk efek utang atau bisa juga obligasi.
  3. Reksa dana campuran adalah reksa dana yang dana dari investor akan dikelola di beberapa instrumen campuran bisa saham, pasar uang, dan obligasi.
  4. Reksa dana saham adalah reksa dana yang dana dari investor akan dikelola di saham sehingga return yang ditawarkan cukup menarik.
Sekarang sudah paham mengenai jenis transaksi dan jenis investasi yang bisa Anda pilih ketika akan investasi di reksa dana, saatnya Anda menentukan manajer investasi mana yang akan Anda gunakan.

Manulife Investment Management atau biasa dikenal MAMI merupakan salah satu manajer investasi yang cukup populer di Indonesia.

Jika dilihat-lihat dari produk investasi yang ada terutama reksa dana cukup lengkap, mulai dari reksa dana saham hingga pasar uang ada di MAMI.

Jika Anda sudah memiliki dana untuk diinvestasikan untuk kebutuhan masa depan Anda mungkin bisa memilih MAMI sebagai manajer investasi.

Sebelum memutuskan menggunakan MAMI Anda bisa melihat-lihat dulu berbagai produk yang tersedia terutama pada return atau keuntungan yang ditawarkan.

Jangan lupa untuk disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda, berapa lama kira-kira Anda akan menanamkan modal di reksa dana.

Pasalnya hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menentukan untuk mendapatkan return yang besar dari investasi reksa dana.

Posting Komentar untuk "3 Jenis-Jenis Transaksi Investasi Reksa Dana"