Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali e-Samsat Jakarta dan Cara Mudah Aksesnya Disini!

e Samsat Jakarta merupakan jenis layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk para warga Jakarta yang dikenakan tuntutan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Selain membantu dalam pembayaran pajak, apa saja jenis layanan lain yang disediakan e-SAMSAT Jakarta? Simak pembahasan berikut ini!

Apa Itu Samsat Online Jakarta?

Kenali e-Samsat Jakarta dan Cara Mudah Aksesnya Disini!

Layanan Samsat online pada setiap provinsi tidaklah sama termasuk daerah Jakarta yang dibuat berdasarkan program dari masing-masing wilayah Samsat. Ada yang membuka layanan online melalui website resmi khusus Samsat Online namun ada juga yang berbasis android.

Untuk saat ini saja, baru beberapa provinsi yang tercatat sudah menggunakan layanan ini seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, dan Bali.

Layanan samsat online ini bisa diakses dengan transaksi elektronik perbankan melalui ATM karena berkaitan dengan pengelola Samsat yang bekerjasama dengan bank-bank nasional yang terhubung dengan jaringan ATM luas.

Layanan Samsat online ini dikeluarkan oleh Jasa Raharja yang menyediakan dan mengelola Samsat online sehingga anda tidak perlu takut. Kehadiran layanan online ini dimaksudkan agar masyarakat lebih praktis ketika membayar pajak kendaraan bermotor tidak perlu bersusah payah mengantri.

Bagaimana Akses e-Samsat Jakarta

Layanan e-Samsat online Jakarta sebenarnya hanya berlaku untuk para wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran pajak secara online dengan domisili di Jakarta. Untuk akses layanan Samsat online ini pun terbilang mudah.

Proses pengaksesan Samsat online begitu mudah dan cepat baik melalui ATM maupun aplikasi Sipolin karena anda hanya diminta untuk mengisi formulir yang sudah disediakan sebelumnya. Pastikan informasi dan data kendaraan diisi dengan benar.

Wajib pajak nantinya akan memperoleh kode bayar yang harus dimasukkan dengan awalan kode institusi. Setelah berhasil, wajib pajak akan menerima konfirmasi pembayaran yang menampilkan informasi tentang kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Jika transaksi berhasil, wajib pajak bisa menunjukkan pembayaran ke kantor Samsat terdekat untuk pengesahan STNK yang akan digunakan nantinya.

Posting Komentar untuk "Kenali e-Samsat Jakarta dan Cara Mudah Aksesnya Disini!"