Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Bisnis Franchise Terbaik

Franchise merupakan salah satu pilihan bisnis yang dianggap cukup menjanjikan karena lebih aman dan Anda tidak harus memulai semuanya dari nol.

Sebab, seluruh produk, list pemasok hingga strategi penjualan sudah disiapkan oleh pemilik bisnis dan Anda sebagai pemilik modal hanya perlu melanjutkannya saja.

Namun sebelum memutuskan untuk membuka bisnis tersebut, tentu penting untuk mengetahui apa itu franchise pada artikel di bawah ini!

Apa Itu Franchise?

Franchise adalah jenis bisnis yang dapat dimiliki dan dijalankan secara resmi oleh pemilik modal yang berbeda namun dengan brand yang sama.

Hal ini tentu akan memberikan keuntungan bagi individu yang memilikinya karena brand seolah terlihat lebih besar dan sudah tersebar di mana-mana.

Tidak heran juga jika peluang bisnis franchise ini dinilai cukup menjanjikan dan lebih mudah untuk dilakukan karena produk dan strateginya sudah disiapkan oleh pusat dan hanya tinggal dilanjutkan saja.

Tips Memilih Bisnis Franchise

Tips Memilih Bisnis Franchise Terbaik

Sama dengan berbagai jenis bisnis lainnya, ada banyak cara memulai bisnis franchise yang harus diperhatikan.

Jika Anda tertarik, maka simak 4 tips membuka bisnis franchise untuk memudahkan usaha menjadi lebih berkembang, diantaranya adalah:

1. Memilih Franchise dengan Produk yang Dibutuhkan oleh Banyak Orang

Salah satu tips memilih bisnis franchise yang menjanjikan tentu adalah memilih jenis bisnis yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sebab, memiliki modal saja tidak cukup untuk membangun sebuah bisnis.

Penting bagi Anda untuk membekali diri dengan pengetahuan akan kebutuhan pasar sehingga bisnis yang dipilih akan dapat bertahan lama.

Beberapa jenis bisnis franchise yang paling menguntungkan ini tentu adalah yang paling bersifat urgent seperti bengkel, apotek ataupun minimarket.

Selain itu bisa juga bisnis makanan dan minuman hingga brand fashion, semuanya tergantung dari hasil pengamatan Anda kepada calon target market.

2. Memiliki Standar Operasional yang Jelas

Cara memulai bisnis franchise yang benar adalah tipe usaha yang sudah memiliki standar operasional (SOP) yang jelas.

SOP ini berfungsi untuk menjadi pedoman dan acuan setiap kegiatan operasional usaha dan kinerja karyawan agar bisnis dapat berjalan dengan semestinya.

Memilih bisnis franchise dengan SOP yang jelas tentu akan membuat bisnis Anda Memiliki standar kualitas yang sama dengan setiap cabang franchise lainnya. Hal ini akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis dengan lebih lancar dan mudah.

3. Sesuai dengan Modal yang Anda Miliki

Pastikan untuk memilih bisnis franchise online maupun offline yang sesuai dengan modal yang Anda miliki.

Sebab, bila Anda memilih bisnis franchise yang tidak sesuai dengan budget maka tentu Anda akan sulit menghadapi kejadian yang tidak terduga jika tiba-tiba muncul suatu hari nanti.

4. Memilih Bisnis Franchise yang Memiliki Sistem Keuangan Terintegrasi

Tips memilih bisnis franchise lainnya tentu yang memiliki sistem keuangan yang lengkap dan terintegrasi. Salah satu super apps yang dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan bisnis franchise tersebut adalah dengan menggunakan Gobiz.

Gobiz dapat menjadi pilihan untuk sistem keuangan yang tepat untuk bisnis franchise karena mampu memberikan analisa laporan penjualan yang lengkap.

Tidak hanya itu saja, Gobiz juga dapat melakukan setting program loyalty customer seperti promo dan diskon menarik untuk memudahkan transaksi kepada konsumen.

5. Alur Antar Franchise Berkesinambungan

Hal penting lainnya yang harus dimiliki oleh setiap usaha franchise tentu adalah alur yang rapi dan berkesinambungan antar badan usaha yang dimiliki. Jadi, carilah Franchisor yang dapat memberikan training kepada pada franchise-nya.

Tujuannya tentu untuk menyamakan fokus antara setiap pemilik usaha. Jadi, walaupun pemilik franchise berbeda-beda orang, namun para konsumen tetap dapat melihat brand tersebut dimanapun sebagai satu kesatuan yang sama.

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memilih franchise yang mampu menyamakan standar kualitas produk dan juga layanan sekaligus bahan produksi, alat dapur serta SOP karyawan saat beroperasi di dalam badan usaha tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Setelah mengetahui apa itu franchise dan bagaimana tips yang tepat untuk memilih serta membuka bisnis tersebut maka Anda bisa memaksimalkannya dengan menjadi Gobiz sebagai pilihan sistem keuangan terbaik.

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Bisnis Franchise Terbaik"