Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Obat Demam untuk Anak

Pertolongan pertama yang ibu lakukan saat anak demam yaitu memberikan obat demam cair maupun tablet. Pemberian obat bertujuan agar suhu panas segera turun dan reda, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Walau begitu pemberian obat demam anak tidak bisa sembarangan. Harus memperhatikan isi kandungan apakah aman untuk anak konsumsi. Alangkah lebih baik lagi jika mendapatkan resep atau saran dari dokter.

Walaupun terpaksa memberikan obat langsung maka berikan dosis sesuai usia anak. Ikuti juga anjuran pemberian obat yang tercantum pada kemasan.

Tips Memilih Obat Demam Paling Ampuh untuk Anak

Tips Memilih Obat Demam Paling Ampuh untuk Anak

Obat demam anak sangat mudah ditemukan karena tersedia di apotek bahkan supermarket. Umumnya obat yang beredar dipasaran yaitu paracetamol dan ibuprofen.

Kedua obat demam tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, tetapi sama-sama bisa menurunkan demam anak. Agar tidak salah beli, berikut ini tips memilih obat demam paling ampuh untuk si kecil.

1. Konsultasi dengan Dokter

Cara ampuh dalam memberikan obat demam untuk anak yaitu berkonsultasi dengan dokter. Hal ini karena pemberian obat demam untuk anak tidak bisa asal-asalan.

Misalnya dalam pemberian dosis bisa saja menyesuaikan dengan berat badan. Atau jenis ibuprofen yang tidak cocok untuk anak usia 6 bulan ke bawah, sehingga lebih aman melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Cek Jenis Obat Demam

Tersedia jenis obat demam paracetamol dan ibuprofen. Pemberian paracetamol bisa untuk semua usia, termasuk bayi di bawah 6 bulan.

Paracetamol juga ampuh dalam menurunkan demam anak dengan cepat. Namun, tetap harus memperhatikan dosis obat agar tidak berlebih.

3. Pilih Bentuk Obat

Tidak hanya jenis, bentuk obat juga tersedia dalam bentuk sirup, kapsul dan tablet. Pilih obat yang anak sukai dan sesuai dengan usianya.

Anak batita dan balita lebih baik diberi obat sirup. Lalu, ketika anak sudah bisa menelan dengan baik bisa memberikan obat bentuk kapsul atau tablet.

4. Perhatikan Efek Samping

Pada setiap obat umumnya mencantumkan efek samping. Untuk itu, perhatikan dengan baik apakah obat aman dikonsumsi si kecil.

5. Cek Kandungan Tambahan

Obat batuk pilek demam untuk anak biasanya memiliki rasa yang tidak pahit. Hal tersebut karena adanya pemanis buatan yang dimasukkan pada obat. Selain itu, tidak sedikit juga obat anak yang mengandung zat pewarna.

Zat pewarna maupun pemanis buatan tidak selalu cocok pada anak, terutama yang memiliki riwayat alergi. Oleh karena itu, cek ingredient obat apakah mengandung zat yang dapat menyebabkan alergi atau efek samping lainnya.

Dengan tips di atas Anda dapat memilih obat yang tepat, sehingga tidak khawatir jika demam turun setelah minum obat kemudian naik lagi. Tentunya obat yang tepat pasti ampuh menurunkan panas.

BIOGESIC, Obat Demam untuk Keluarga

BIOGESIC, Obat Demam untuk Keluarga

Biogesic adalah obat pereda nyeri (analgesik) yang mengandung paracetamol. Kandungan paracetamol juga ampuh sebagai antipiretik untuk menurunkan panas dan meredakan sakit kepala.

Diproduksi oleh PT Medifarma Laboratories, Biogesic cocok sebagai obat pereda nyeri keluarga Anda. Obat yang memiliki label hijau atau obat bebas ini bisa untuk semua usia dan sudah terdaftar di BPOM.

Oleh sebab itu, untuk konsumsi anak-anak juga aman karena tersedia dalam bentuk sirup dan obat demam anak tablet hisap. Yang perlu diperhatikan yaitu pemberian dosis harus sesuai dengan usianya atau sesuai anjuran dokter.

Mendapatkan obat demam Biogesic bisa mengunjungi apotek terdekat, supermarket, atau membeli secara online. Dengan sedia Biogesic momen berharga bersama keluarga tidak terganggu karena demam maupun sakit kepala.

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Obat Demam untuk Anak"