Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Khitan Saat Masih Bayi

Agama Islam menganjurkan agar setiap anak laki-laki dikhitan. Tujuannya untuk menjaga kesehatan anak. Biasanya khitan dilakukan ketika anak memasuki usia bailgh atau ketika anak merasa siap untuk dikhitan. Masalahnya tidak semua anak siap untuk dikhitan. Kebanyakan takut karena membayangkan sakitnya saat pisau sunat mengiris bagian dari alat kelamin mereka.

Sebenarnya khitan tidak harus dilakukan saat anak sudah akan baligh. Saat bayi pun, khitan sudah bisa dilakukan. Khitan yang dilakukan lebih dini ini sangat menguntungkan karena khitan bayi tidak terlalu sakit daripada ketika dilakukan saat sudah menjadi anak-anak.

Apa yang dimaksud Khitan ?

Khitan adalah kegiatan pengambilan kulup atau selaput yang menutupi glans penis dan membuangnya. Jika tidak dibuang, kulup ini bisa menyebabkan berbagai penyakit yang menyerang organ reproduksi laki-laki.

Tidak ada patokan untuk melakukan khitan. Tapi saat yang paling baik dan efektif adalah ketika anak-anak masih bayi karena bayi belum mempunyai gangguan psikologi yang terlalu berat seperti rasa takut dan sebagainya.

The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) menjelaskan bahwa khitan bisa dilakukan saat bayi baru lahir, baik sebelum meninggalkan rumah sakit saat persalinan maupun sesudah meninggalkan rumah sakit. Khitan dilakukan pada sakit yang kondisinya sehat

Manfaat Khitan Pada Bayi

Manfaat Khitan Pada Bayi

Fungsi syaraf pada bayi masih dalam perkembangan di 1000 hari kelahirannya. Organ dalam tubuhnya juga masih sangat muda. Karena itu jika terjadi luka, maka lukanya akan sembuh. Itulah kenapa khitan sangat dianjurkan dilakukan ketika anak masih bayi. Karena banyak keuntungannya.

Beberapa keuntungan dan manfaat khitan pada bayi diantaranya :

1. Mencegah Timbulnya Masalah Pada Penis

Fimosis adalah kelainan pada penis, dimana kulup pada penis melekat kuat pada glans penis atau kepala penis. Jika tidak diambil dan dibuang, kulup ini bisa menyebabkan peradangan pada kepala penis. Kesehatan alat kelamin pun jadi terganggu. Makanya kulup ini harus dibuang untuk mencegah munculnya peradangan pada penis.

2. Menghindari Infeksi Saluran Kemih

Saluran Infeksi Kemih (ISK) terjadi ketika fimosis pada penis dibiarkan saja tanpa ada tindakan apapun. Ketika kulup tidak dibuang, kulup akan membentuk smegma, sehingga mengundang banyak bakteri yang berkembang biak di sana. Bakteri inilah yang menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih ini biasanya sering terjadi pada bayi usia 1 tahun. Prosentase terkena penyakit ini pada bayi bisa diminimalisir dengan dilakukan sunat atau khitan pada usia bayi sebelum 1 tahun. Sebuah penelitian menyebutkan prosentase bayi tekrena infeksi saluran kemih setelah dikhitan cukup rendah yaitu 0,1-0,2 %.

3. Mengurangi Resiko Kanker Penis

Kanker penis memang jarang terjadi pada anak laki-laki, baik masih bayi maupun dewasa. Namun kemungkinannya tetap ada jika kesehatan alat kelamin tidak dijaga dengan baik. Karena itulah khitan diperlukan sedini mungkin untuk meninmimalisir kemungkinannya. Kabar baiknya, khitan saat bayi juga dapat mencegah adanya kanker prostat saat anak laki-laki sudah dewasa.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Menular Seksual

Khitan saat bayi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan alat kelamin laki-laki sedini mungkin. Hal ini dapat membantu resiko terjadinya penyakit seksual yang menular. Tapi tetap harus diimbangi dengan perilaku seks yang baik ya. Jangan ganti-ganti pasangan dan pastikan memakai kondom saat berhubungan.

5. Proses Penyembuhannya Cepat

Jaringan kulit pada bayi masih sangat baru dan dalam proses perkembangan. Karenanya luka yang terjadi pada kulit akan cepat sembuh, yaitu dua kali lebih cepat dibandingkan luka yang terjadi pada saat dewasa.

Hal ini berkaitan dengan proses penyembuhan luka yang melalui 3 tahapan, yaitu fase inflamasi, proliferasi dan maturase. Masing-masing fase berlangsung dalam waktu yang berbeda, tergantung seberapa parah luka yang terjadi. Semakin parah, penyembuhannya semakin lama. Pada bayi, proses penyembuhannya bisa dua kali lebih cepat karena jaringan kulitnya mudah meregenerasi.

6. Perawatan Luka Lebih Mudah

Bayi biasanya tidak akan menolak ketika dibersihkan lukanya, karena bayi belum bisa melakukan gerakan penolakan sebagaimana yang dilakukan anak-anak saat sedang takut. Bayi akan menurut saja ketika dilakukan perawatan luka. Ini akan memudahkan proses perawatan sehingga mendukung penyembuhan luka lebih cepat.

7. Bayi Belum Bisa Tengkurap

Keuntungan lainnya ketika khitan dilakukan saat bayi adalah posisi bayi yang lebih banyak terlentang. Bayi belum bisa tengkurap, sehingga posisi luka akan terus ada di atas. Hal ini memudahkan dalam pemantauan dan perawatan luka. Karena bayi pun belum bisa banyak bergerak dan cenderung banyak tidur.

8. Mengurangi Resiko Trauma Pada Anak

Anak-anak biasanya takut dikhitan dan akan memberontak ketika rasa takut itu menguasainya. Bayi tidak mengalami rasa takut itu karena belum merasakannya. Emosi pada bayi masih belum terbentuk sepenuhnya dan dalam proses perkembangan. '

Karenanya khitan pada bayi akan mengurangi resiko trauma pada anak karena tidak melewati masa ketakutan seperti yang terjadi pada anak-anak usia sekolah.

Khitan Terbaik Cirebon

Khitan terbaik adalah prosedur Khitan yang dilakukan dengan prosedur yang benar dan aman bagi anak. Prosesnya mudah dan tidak menimbulkan efek negative pada anak setelah khitan dilakukan.

Khitan terbaik Cirebon menawarkan metode khitan yang terbaik, dilakukan dengan alat yang canggih dan terbukti kualitasnya dan cepat. Bahkan saat ini sudah ada metode khitan yang tanpa menimbulkan rasa sakit.

Khitan terbaik Cirebon ada di Jagoan Khitan, yaitu klinik khusus khitan yang ada di Cirebon, termasuk di dalamnya wilayah Kuningan, Majalengka dan juga Indramayu. Nama sebelumnya yaitu Griya Khitan. Perubahan nama menjadi Jagoan Khitan dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada anak-anak agar setelah dikhitan bisa menjadi Jagoan dan kebanggan orang tua.

Jagoan Khitan yang didirikan pada 9 Maret 2014 di Cirebon, melayani berbagai macam layanan khitan atau sunat dengan berbagai metode. Peralatan yang digunakan pun modern dan canggih sehingga minim rasa sakit dan trauma bekepanjangan.

Sunat terbaik Cirebon di Jagoan Khitan melayani berbagai macam pasien, mulai dari khitan bayi, khitan anak-anak, khitan, dewasa, khitan gemuk, khitan perempuan, khitan anak berkebutuhan khusus, khitan di rumah sampai khitan massal.

Sudah lebih dari 4700 pasien yang merasakan manfaat dari Jagoan khitan dan angkanya pun terus bertambah dari tahun ke tahun. Kepercayaan masyarakat semakin bertambah dengan keberhasilan yang dicapai pada setiap layanan yang diberikan. Mau mencari khitan terbaik Cirebon atau sunat terbaik Cirebon, ya di Jagoan Khitan saja.

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Khitan Saat Masih Bayi"