Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hosting Murah untuk Website Sekolah

Membuat website tidak berarti Anda harus menyiapkan dana yang besar. Cukup dengan berlangganan layanan hosting murah dari Rumahweb Indonesia, Anda sudah bisa membuat website sendiri.

Website tidak hanya penting untuk dimiliki oleh sebuah lini usaha saja. Website juga sangat bermanfaat untuk menunjukkan eksistensi suatu organisasi, termasuk organisasi pendidikan seperti sekolah.

Hampir semua orang memanfaatkan internet sebagai rujukan pertama dalam mencari informasi, termasuk mengenai profil suatu sekolah. Oleh karena itu, website sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan brand awareness dan reputasi sekolah.

Adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan lebih dari 1 milyar pelajar dari berbagai negara harus melanjutkan sekolah secara online juga turut meningkatkan tren website sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan.

Bagi Anda yang baru akan membuat website, pertama, Anda harus memiliki layanan hosting dan domain yang aktif terlebih dahulu, karena ada berbagai layanan hosting murah yang cocok untuk website sekolah.

Hosting Murah untuk Website Sekolah

Ada berbagai jenis website yang dapat dibuat dan digunakan oleh suatu sekolahan, berikut 3 jenis website sekolah yang sering digunakan:

1. Company Profile

Tidak hanya perusahaan bisnis yang membutuhkan company profile. Website company profile juga penting dimiliki oleh sebuah institusi pendidikan. Tujuan utama website ini adalah menampilkan profil institusi guna meningkatkan kredibilitas secara online.

Selain menampilkan profil institusi, website jenis ini juga dapat digunakan untuk menyebarkan informasi secara luas, misalnya kalender akademik sekolah, jadwal ujian, serta pengumuman-pengumuman lain yang harus diketahui oleh siswa maupun orang tua siswa.

Website company profile dapat dibuat menggunakan layanan hosting murah, seperti shared hosting, karena tidak memiliki file maupun traffic yang besar.

2. Learning Management System

Learning Management System (LMS) adalah software yang digunakan untuk membuat, membagikan, dan mengelola berbagai materi pembelajaran untuk proses belajar mengajar jarak jauh.

Software ini penting dimiliki bagi sekolah yang menerapkan pembelajaran jarak jauh. Dengan learning management system (LMS), proses pembagian materi pembelajaran serta pengumpulan tugas dapat dilakukan dengan lebih mudah dan terstruktur.

Untuk membuat website sekolah ini, disarankan untuk tidak menggunakan hosting murah, melainkan cloud hosting. Meskipun biayanya sedikit lebih mahal dibandingkan hosting murah, namun Anda akan mendapatkan fitur yang sesuai.

3. Penerimaan Peserta Didik Baru

Selain digunakan sebagai sarana informasi dan pembelajaran jarak jauh, website sekolah juga dapat dimanfaatkan sebagai portal penerimaan siswa baru, atau lebih dikenal dengan istilah PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Dengan cara ini, calon siswa baru tidak perlu berbondong-bondong mendatangi sekolahan. Cukup berbekal komputer atau laptop dan koneksi internet yang stabil, serta berbagai data siswa dalam bentuk soft copy, maka proses pendaftaran dapat dilakukan dimanapun.

Sama seperti website LMS, website PPDB juga tidak cocok dibuat menggunakan layanan hosting murah. Kedua jenis website ini memerlukan dedicated server agar dapat menyimpan lebih banyak data dengan traffic yang lebih tinggi.

Dari ketiga jenis website di atas, company profile menjadi jenis website yang paling mudah dan paling penting untuk dimiliki oleh suatu institusi pendidikan. Berikut 4 alasan pentingnya memiliki website company profile sekolah:

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Sarana Promosi

Semakin bertambahnya sekolah, baik swasta maupun negeri, berarti masing-masing institusi pendidikan harus saling bersaing untuk dapat memiliki citra yang baik dan diminati oleh calon siswa baru.

Website sekolah akan bertindak sebagai representasi suatu sekolahan secara online. Calon siswa baru dapat melihat berbagai informasi terkait profil sekolah melalui website sekolah.

Oleh karena itu, biasanya website sekolah tidak hanya diisi dengan informasi alamat serta kontak sekolah saja, namun juga berbagai prestasi yang berhasil dicapai oleh institusi pendidikan tersebut.

2. Media Informasi

Dibandingkan dengan mengirimkan surat fisik atau mengirimkan pesan broadcast ke siswa, maupun orang tua/wali siswa, penyampaian informasi melalui website sekolah dinilai akan lebih efektif.

Ada berbagai jenis informasi yang dapat ditampilkan melalui website sekolah, misalnya jadwal ujian, jadwal pelajaran, daftar nama siswa di masing-masing kelas, pengumuman libur, dan masih banyak lagi.

Siswa atau wali siswa dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi ini kapan pun dan di manapun melalui website sekolah.

3. Media Publikasi

Selain menampilkan informasi terkait kegiatan belajar mengajar, kontak dan alamat sekolah, serta berbagai prestasi yang dicapai oleh sekolah, website sekolah juga dapat digunakan sebagai media publikasi.

Beberapa jenis publikasi yang dapat ditampilkan misalnya, galeri sekolah yang berisi dokumentasi berbagai kegiatan sekolah, fasilitas yang dimiliki, serta berita siswa berprestasi.

Selain ketiga alasan di atas, website sekolah jenis ini juga cenderung lebih mudah digunakan, dengan biaya yang lebih murah. Dibandingkan jenis website lainnya, company profile adalah satu-satunya website yang cocok dibuat menggunakan hosting murah.

Dengan menggunakan hosting murah, Anda dapat mulai memiliki website tanpa harus menyiapkan dana yang besar terlebih dahulu.

Saat ini banyak layanan hosting yang menawarkan biaya hosting murah. Namun sebelum memutuskan untuk berlangganan suatu hosting murah, bandingkan dahulu berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh hosting murah tersebut.

Rumahweb Indonesia menawarkan layanan hosting murah yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, performance, database, dan masih banyak lagi. Bahkan cukup dengan Rp17.900/bulan, Anda juga akan mendapatkan domain sch.id gratis, yang cocok untuk website sekolah!

Pesan hosting murah Rumahweb Indonesia sekarang juga di sini!

Posting Komentar untuk "Hosting Murah untuk Website Sekolah"