Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk, Saat Anak Bermain

Anak identik dengan aktif bergerak sana sini. Baik di dalam ruangan maupun luar ruangan, anak lebih suka bermain. Ketika bermain inilah orang tua tidak bisa mengawasi secara terus-menerus. Tanpa disadari anak ke gigit nyamuk, salah satu hewan perantara penyakit.

Sebelum terjadi penyakit sebaiknya lakukan pencegahan agar anak terhindar dari gigitan nyamuk. Untuk mencegah gigitan nyamuk salah satunya dengan mengolesi zambuk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menjaga buah hati bermain dengan aman dan nyaman.

8 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk pada Anak

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk pada Anak

Ketika anak meminta bermain tidak bisa dipaksa harus di dalam rumah. Terkadang anak juga ingin bermain di tempat yang luas bersama teman-temannya. Karena tidak bisa mengawasi secara terus menerus, maka orang tua perlu melakukan cara beriku:

1. Memakaikan Baju Panjang

Gunakan pakaian yang berlengan panjang dan celana panjang. Cara ini melindungi kulit anak dari gigitan langsung nyamuk. Gunakan pakaian berwarna terang, karena nyamuk tidak suka warna tersebut.

2. Membersihkan Selokan dan Tampungan Air

Jika tempat untuk bermain terdapat selokan, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dari sampah. Karena nyamuk menyukai tempat-tempat yang kotor. Sebisa mungkin tampungan air bekas hujan yang tidak digunakan dibuang saja. Karena nyamuk senang sekali tinggal di air yang tidak mengalir.

3. Bermain di Tempat Lapang

Bermain di tempat yang lapang lebih sedikit nyamuk maupun serangga yang bersarang. Hindari tempat bermain yang kurang cahaya matahari, semak-semak tinggi, dan banyak pepohonan tidak terawat. Tempat tersebut sebaiknya bukan menjadi tempat bermain anak di luar ruangan.

4. Ventilasi Tutup dengan Kasa Anti Nyamuk

Mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah dengan cara semua ventilasi ditutup dengan kain kasa. Anak aman bermain dalam rumah dan orang tua tenang beraktivitas.

5. Jaga Rumah dengan Pembersih

Bersihkan rumah dan alat-alat permainan anak-anak dengan pembersih yang ramah lingkungan. Lantai untuk anak-anak bermain sebaiknya sudah dipel dengan pembersih anti kuman. Buatlah ruangan yang luas dengan merapikan barang-barang sehingga anak leluasa ketika bermain.

6. Hindari Wangi yang Kuat

Hindari penggunaan aroma yang kuat untuk parfum baju dan tubuh anak. Karena nyamuk menyukai aroma yang kuat pada tubuh anak.

7. Hindari Keluar Menjelang Maghrib

Waktu menjelang maghrib yaitu menjelang malam biasanya hewan-hewan kecil sedang keluar semua dari sarangnya termasuk nyamuk. Untuk menghindari si kecil dari nyamuk, sebaiknya jangan dibiarkan di luar rumah. Tutup pintu dan jendela rumah agar nyamuk tidak masuk ke dalam.

8. Gunakan Lotion Zambuk

Olesi tangan dan kaki anak dengan lotion Zambuk. Selain mencegah gigitan nyamuk, Zambuk juga mengobati memar, meredakan ketika terkilir, dan menghilangkan rasa gatal akibat digigit nyamuk.

Bagaimana jika anak sudah terlanjur terkena gigitan nyamuk? Jangan panik, beginilah cara mengobati gigitan nyamuk :
  1. Tidak boleh digaruk, karena dengan menggaruk bisa menyebabkan lecet di kulit dan menjadi belang. Bisa terjadi infeksi karena terlalu digaruknya.
  2. Kompres bagian yang tergigit dengan air es. Cara ini membuat rasa gatal berkurang.
  3. Oleskan lotion khusus gigitan nyamuk yaitu dengan Zambuk.
Lotion Zambuk dari Bayer merupakan sebuah salep yang berwarna hijau yang mampu menyembuhkan gigitan nyamuk atau serangga, meredakan keseleo, terkilir, dan memar. Zambuk hanya untuk meredakan cedera ringan. Tidak diperuntukan luka yang terbuka. Jika cedera parah segera hubungi dokter untuk penyembuhan segera.

Tidak diperuntukan bagi anak yang berumur dibawah 2 tahun. Tidak dioleskan di bawah hidung dan pada luka bakar maupun yang terbuka. Cara menggunakannya dengan membuka tutup Zambuk, oleskan pada bagian yang sakit, dan tutup kembali hingga rapat. Simpan wadah lotion di suhu ruang normal.

Dengan Zambuk, anak bisa bermain dengan aman dan orang tua lebih tenang karena ada lotion anti nyamuk. Kandungan Zambuk yaitu Camphor, Thyme Oil, Eucalyptus Oil, Colophony dan kandungan Ointment yang fungsi utamanya untuk meredakan cedera ringan. Dan Eucalyptus Oil untuk mengatasi gatal akibat digigit nyamuk maupun serangga.

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Gigitan Nyamuk, Saat Anak Bermain"