Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Meningkatkan Keamanan Rumah

Menjaga keamanan rumah saat ini menjadi sangat penting, mengingat banyak tindak kriminal yang terjadi. Tentu saja tak ada asap tanpa ada apinya. Seperti yang selalu dikatakan oleh bang Napi, bahwa setiap kejahatan itu terjadi bukan hanya karena ada niat jahat dari pelaku kriminalitas, melainkan juga adanya kesempatan yang baik disadari atau tidak diberikan oleh calon korbannya.

Dari sini bisa dilihat bahwa korban kejahatan juga berperan terhadap munculnya tindak kejahatan dengan memberikan kesempatan. Seperti rumah yang tidak dikunci saat ditinggal keluar rumah, atau memakai perhiasan dan benda berharga terlalu kelihatan. Sehingga mengundang pencuri untuk mengambilnya.

Cara Meningkatkan Keamanan Rumah

Cara Meningkatkan Keamanan Rumah

Rumah yang didatangi maling atau pencuri, biasanya memiliki sistem keamanan yang kurang baik. Meskipun hal ini tidak menjadi patokan karena ada juga rumah yang sudah diberi keamanan ekstra, tapi tetap dimasuki maling. Namun bukan berarti kita tetap santai dengan tidak menjaga rumah saat ditinggal bepergian.

Untuk menutup kesempatan pencuri datang ke rumah kita, setidaknya kita sudah melakukan usaha menjaga keamanan rumah dengan baik, seperti :

1. Pasang CCTV

CCTV saat ini tidak hanya dipasang di kantor atau gedung bertingkat saja. Di rumah pun, CCTV juga dianjurkan untuk dipasang. Apalagi jika rumahnya besar dan sering ditinggal bepergian. Pemilik rumah biasanya mempunyai remote control sendiri untuk mengecek keadaan rumah saat ditinggal.

Pasanglah CCTV di bagian-bagian penting rumah, seperti halaman depan, ruang tamu dan beberapa bagian rumah yang dianggap penting. Ketika tidak berada di rumah, pemilik rumah pun bisa tahu apa saja yang terjadi di rumahnya. Teknologi saat ini pun semakin canggih, dimana control CCTV juga bisa dilakukan lewat smartphone.

2. Kunci Pintu dan Jendela

Biasakan untuk mengunci pintu jendela saat malam dan semua penghunni rumah sudah tidur. Begitu juga saat bepergian dan rumah dalam keadaan kosong. Mengunci pintu dan jendela rumah juga memperkecil kemungkinan pencuri untuk masuk ke rumah dengan mudah.

3. Sistem Akses Kontrol Pintu

Akses kontrol pintu masuk biasanya menggunakan sensor sidik jari atau kode tertentu untuk bisa masuk. Sistem akses kontrol pintu seperti ini perlu diterapkan untuk menjaga keamanan rumah. Terutama bagi rumah yang besar dan didalamnya terdapat banyak barang berharga. Selain pemilik rumah, tidak ada yang bisa masuk.

4. Kenali Tetangga di Sekitar

Bersosialisasi dengan tetangga sekitar rumah sangat perlu untuk saling mengenal satu sama lain. Kegiatan seperti ini sangat baik untuk kerukunan bertetangga. Sehingga jika terjadi sesuatu dengan keadaan rumah saat kita berpergian jauh, tetangga bisa ikut saling menjaga.

5. Amankan Barang Berharga

Barang berharga seperti perhiasan, uang dan lain-lain hendaknya tidak ditaruh di sembarang tempat. Pastikan menyimpannya di dalam kamar dengan pengamanan ekstra. Kalau perlu berikan tambahan rantai besi agar barang berharga kita lebih terjaga dengan aman.

Kita biasanya mendengar istilah rantai besi pada alat angkat bangunan, dimana beban diangkat menggunkan rantai besi. Tapi tidak hanya di bangunan saja saja rantai besi digunakan. Ada banyak varian yang lebih kecil, dimana penggunaannya bisa untuk di rumah juga. Terutama untuk mengamankan barang-barang berharga kita.

Apa Itu Rantai Besi ?

Rantai besi atau chain adalah rantai yang terdiri dari beberapa batang besi yang ditekuk sambung menyambung sehingga menjadi sebuah rangkaian. Fungsinya untuk mengangkat beban atau melindungi sebuah wadah agar tertutup rapat, sehingga bagian dalamnya aman. Tidak bisa diambil sampai rantai besi dibuka.

Rantai besi umumnya digunakan di indutri untuk membantu menarik beban berat atau melilitkan sebuah benda. Bentuknya beragam, mulai dari besar sampai yang kecil. Untuk melindungi barang berharga di rumah, biasanya digunakan rantai besi yang kecil dengan warna-warna yang lebih menarik.

Rantai Besi Megajaya dan Keunggulannya

Mega jaya atau PT. Sumber Mega Jaya adalah distributor tunggal dan resmi untuk produk lifting equipment yang terlengkap di Indonesia. Salah satu produknya yang digunakan untuk meningkatkan keamanan adalah rantai besi.

Pengalaman Mega Jaya sudah lebih dari 35 tahun dalam memberikan kepercayaan bagi 10.000 lebih pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia. Rantai besi Mega jaya memiliki beberapa keunggulan yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan rumah dan barang berharga di dalam rumah. Beberapa keunggulannya yaitu :

1. Rantai Besi dari Bahan Besi yang Kuat

Besi yang digunakan untuk membuat rantai besi biasanya terbuat dari bahan besi yang berkualitas tinggi. Kualitas yang baik ini akan membentuk rantai besi yang tahan lama dan awet.

2. Tahan Percikan Api

Besi yang bagus memiliki sifat tahan percikan api. Rantai besi seperti ini terbilang aman karena barang yang dililitkan dengan rantai besi tidak mudah terbakar. Rantai besi pun bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap api yang menjalar

3. Dapat Diberi Lapisan Stainless Steel

Rantai besi juga bisa dilapisi dengan lapisan stainless steel, sehingga tampilannya lebih menarik. Stainless steel ini termasuk penghantar listrik yang buruk, sehingga tidak mudah tersengat listrik. Aman jadinya.

4. Diameternya Beragam

Rantai besi memiliki ukuran diameter yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk merantai pagar atau gerbang, bisa menggunakan rantai besi yang diameternya besar. Namun jika untuk mengunci kotak perhiasan misalnya, cukup menggunakan rantai besi yang kecil. Semuanya sama-sama aman karena memilki keunggulan yang sama juga.

5. Aman Digunakan

Untuk menguji keamana rantai besi, perlu dilakukan uji tarik kekuatan. Uji tarik ini menentukan berapa beban maksimal yang mampu diangkat menggunakan rantai besi dan seberapa kekuatan rantai saat ditarik, sehingga tidak mudah putus. Untuk menentukan kekuatan rantai besi, tegangan yang diterima oleh rantai besi harus lebih kecil dari tegangan yang sudah ditetapkan.

Merek dagang rantai besi Mega jaya sudah lolos uji tarik tersebut. Sehingga dipastikan aman saat digunakan dan tidak mudah putus.

Harga rantai besi di Mega jaya termasuk yang terbaik dengan bahan yang berkualitas baik. Temukan varian rantai besi yang cocok untuk kebutuhan keamanan rumah dengan rantai besi berkualitas di Mega Jaya. Informasi mengenai rantai besi Mega jaya bisa didapatkan di websitenya www.megajaya.co.id.

Posting Komentar untuk "5 Cara Meningkatkan Keamanan Rumah"