Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Penerapan Big Data pada UMKM

Bisnis UMKM agar tetap eksis di masa internet sudah masuk dalam bagian hidup masyarakat perlu meningkatkan kualitas layanannya secara virtual. 

Mulai dari pemesanan barang, pengiriman barang, sampai melihat ulasan dari konsumen. untuk melihat respon dari konsumen diperlukan sebuah data yang bisa dianalisis yaitu dengan Big Data.

Solusi big data bisa didapatkan dengan mengakses Satu Data Indonesia yang merupakan perkembangan pengelolaan data dari Bappenas. Yang diharapkan big data dari Satu Data Indonesia mudah diakses, selalu terbaru, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Solusi Satu Data Indonesia sebagai data yang terpusat sehingga memiliki banyak jenis data yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena big data membutuhkan penyimpanan yang besar dan tidak terpisah-pisah datanya.

7 Manfaat Big Data Bagi UMKM

Manfaat Big Data Bagi UMKM

1. Mengetahui Kebutuhan Masyarakat Daerah

Penjualan dengan internet bisa diakses dari segala penjuru, mulai kota hingga di pelosok. Untuk mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat daerah perlu melakukan survey.

Dengan adanya big data tidak perlu survey hingga mengunjungi daerahnya. Lewat analisa big data, informasi akan terlihat secara jelas dan transparan.

2. Menghemat Biaya Operasional

Adanya fitur hadoop dan cloud base saving cost membantu pengusaha mengurangi biaya operasional. Analisa data untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas bisa dengan big data. Analisa pengeluaran operasional bisa dilakukan secara cepat dengan big data.

3. Memahami Keinginan atau Kebutuhan Konsumen

Dengan big data analytic memberikan informasi mendetail tentang konsumen dari riwayat penjelajahannya di internet, anggota keluarganya, penghasilannya, hingga alamat rumah pelanggan. 

Big data analitik akan menganalisa arah dari konsumen, apakah masih tetap bertahan dengan produk yang dipakai atau ingin beralih ke pesaing.

Informasi yang akurat tentang konsumen membantu bagian marketing untuk menentukan promosi yang strategis. Sehingga tujuan iklannya langsung menuju ke keinginan dari konsumennya secara langsung.

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen dan Penjualan Barang

Cara menganalisa dari big data adalah dengan melihat data riwayat pemesanan pelanggan. Dari analisis data tersebut bisa diketahui bagaimana cara untuk membuat pelanggan tetap memakai produknya.

Bisa menentukan pelayanan seperti apa yang lebih disukai oleh pelanggan. Sehingga pelayanan bisa menjadi personalisasi kepada konsumen.

5. Menentukan Kebijakan Lebih Cepat

Berbeda dengan cara menganalisa manual yang memerlukan waktu cukup lama. Proses analisa dari berbagai sumber data manual terkadang tidak sesuai dengan target sasaran. 

Big data memberikan analisa data yang lengkap dan cepat. Asalkan semua data sudah terintegrasi dengan benar. Hasilnya lebih akurat dan tertuju kepada konsumen.

6. Meningkatkan Pengembangan Produk

Agar produk yang dijual tidak monoton maka perlu untuk memberikan inovasi dalam mengembangkan produk. Untuk melihat produk apa yang diinginkan dari konsumen bisa dilihat dari analisis big data. Jika membuat produk baru maka market sudah terdata dengan jelas.

7. Efisiensi Promosi

Untuk melakukan promosi sekarang ini dilakukan dengan campaign lewat media sosial. Penyebaran informasi hanya lewat media sosial. 

Adanya medsos ads yang bisa disesuaikan dengan umur dan wilayah sehingga memudahkan untuk promosi produk. Tidak perlu lagi membuka stand secara berkala. Hal ini bisa mengurangi biaya operasional.

Untuk mendapatkan manfaat dari solusi big data maka harus mengakses data yang lengkap untuk memudahkan analisa. Melihat hal ini pemerintah Indonesia mengeluarkan pengeloaan data yang akurat dan transparan melalui Satu Data Indonesia.

Apa itu Satu Data Indonesia?

Satu Data Indonesia merupakan sumber data dari pemerintah yang terpusat. Bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dengan berbagai format data yang dibutuhkan.

Solusi Satu Data Indonesia menjawab kebutuhan masyarakat modern untuk meningkatkan pelayanan, pengembangan bisnis, pembangunan daerah, dan memberikan data yang selalu diperbarui.

Untuk mendapatkan Satu Data Indonesia Telkom mengeluarkan aplikasi terpusat data yaitu Bigbox. Bigbox mengeluarkan aplikasi yang mudah digunakan, cepat mendapatkan informasi, dan murah yaitu Big One. Yang merupakan singkatan dari Bigbox One Data.

Dengan Big One Bigbox semua UMKM bisa mengakses data guna meningkatkan usahanya. Dari meningkatkan omzet, pelayanan konsumen, hingga menentukan produk baru.

Semuanya bisa dianalisa lewat Big One Bigbox. Dengan ini Satu Data Indonesia penting untuk pengusaha. Solusi big data maupun solusi Satu Data Indonesia harus dimanfaatkan dengan baik.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Penerapan Big Data pada UMKM"