Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal Penting Sebelum Pesta Pernikahan

Pernikahan adalah peristiwa bersejarah dalam hidup yang pantas untuk dirayakan. Bagi seorang perempuan, pernikahan bisa jadi jembatan untuk beralih dari anak menjadi seorang istri. Sementara bagi laki-laki, pernikahan bisa menjadi didikan untuk menjadi suami.

Karena pernikahan itu sangat penting, maka perlu dipersiapkan secara matang. Banyak detail yang harus diperhatikan untuk membuat pernikahan nampak istimewa dan spesial.

Apa saja Persiapan Pernikahan?


Apa saja Persiapan Pernikahan?

Pernikahan adalah bersatunya dua insan yang saling mencintai menjadi pasangan suami istri. Pasangan suami istri akan tinggal bersama setelah menikah dan mengaruhi kehidupan baru sebagai suami istri.

Pernikahan sejatinya terjadi satu kali saja seumur hidup. Tentu itu menjadi impian banyak orang. Setia pada pasangan sampai maut memisahkan. Karenanya sebelum memutuskan untuk menikah, sebaiknya diperhatikan apa saja yang diperlukan sebelum menggelar pesta pernikahan.

Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum pesta pernikahan antara lain :

1. Budget

Bugdet menjadi hal utama yang harus dipersiapkan untuk melangsungkan pernikahan. Karena akan ada biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mempersiapkan pernikahan. Seperti surat-surat menyurat, penghulu, biaya lamaran, resepsi dan lain-lain.

Bugdet harus dipersiapkan dengan matang oleh kedua belah pihak. Pastikan sesuai kesepakatan bersama agar semuanya senang dan bahagia.

2. Pertemuan Antar Keluarga

Pernikahan bukan hanya mempersatukan dua insan menjadi pasangan suami istri, melainkan juga mempersatukan dua keluarga menjadi satu dengan segala perbedaan yang ada. Pertemuan keluarga ini biasanya dimaksudkan untuk menentukan tanggal akad dan juga resepsi.

Pertemuan keluarga juga bisa digunakan untuk saling mengenal keluarga mempelai agar lebih dekat. Orang tua mempelai perempuan pastinya lebih tenang jika mengetahui bahwa calon suami anaknya ternyata adalah laki-laki yang baik dan bertanggung jawab. Kedekatan keluarga ini bisa mempengaruhi keharmonisan keluarga.

3. Administrasi

Setelah kedua keluarga setuju untuk mengadakan pernikahan, hal selanjutnya dilakukan adalah mendaftarkan pernikahan mereka ke kantor urusan agama (KUA). Pasangan calon pengantin diharuskan membawa beberapa dokumen yang dianjurkan oleh pihak KUA dan mengisi data yang sudah disediakan.

Catatan pernikahan di KUA ini sangat penting agar pernikahan kedua belah pihak tercatat secara hukum dan dibuktikan dengan adanya surat nikah untuk suami dan istri.

4. Lamaran

Lamaran adalah proses yang dilakukan pihak laki-laki untuk meminang atau meminta langsung kepada orang tua perempuan untuk dijadikan istri. Lamaran tiap daerah berbeda-beda aturannya, makanya perlu adanya pembicaraan lebih lanjut mengenai lamaran ini agar sesuai dengan keinginan kedua belah pihak.

Di dalam lamaran biasanya ada hantaran yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Isinya adalah segala macam perlengkapan perempuan, mulai dari baju, makeup, perhiasan dan lain-lain. Selain itu ada juga cincin nikah yang menjadi symbol bersatunya dia insan ke jenjang pernikahan.

5. Akad Nikah

Setelah lamaran, hal penting selanjutnya dalam pernikahan adalah akad nikah. Di dalamnya ada ijab qabul yang diucapkan mempelai laki-laki kepada penghulu. Tujuannya adalah sebagai tanda sahnya pernikahan. Dalam akad nikah harus lengkap rukun nikahnya, dimana ada minimal 2 saksi yang menjadi saksi pernikahan.

Akad nikah bisa dilakukan di masjid, rumah, gedung atau hotel. Tergantung dari permintaan mempelai. Di dalam akad nikah juga disebutkan berapa mahar yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan.

6. Pre-wedding

Biasanya pernikahan disertai dengan pre-wedding. Tapi ini tidak wajib. Bagi pasangan muslimah bahkan menggantinya dengan post wedding, yaitu foto setelah kedua mempelai sah menjadi suami istri. Bagi yang menginginkan adanya pre wedding, tentu saja harus diperhatikan konsepnya, tempatnya, dan sebagainya.

7. Resepsi Pernikahan

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, yaitu resepsi pernikahan. Puncak acara pernikahan ini merupakan pesta pernikahan yang diadakan untuk memproklamirkan pernikahan agar semua orang tahu bahwa kedua mempelai sudah resmi menjadi suami istri.

Dalam resepsi pernikahan, perlu diperhatikan tempat resepsinya, undangan pernikahan yang diperlukan, souvenir yang diberikan kepada tamu, catering dan lain-lain. Semua persiapan harus sudah matang saat resepsi pernikahan dan dilakukan beberapa bulan sebelum pernikahan dilakukan.

Undangan Pernikahan Online

Undangan pernikahan biasanya dicetak dalam bentuk kertas dan diserahkan satu per satu kepada orang yang ingin diundang. Hal tersebut ternyata menyita waktu juga dan melelahkan. Karenanya saat ini muncul undangan pernikahan online yang bisa digunakan untuk mengundang orang pilihan ke pesta pernikahan.

Bentuk undangan pernikahan pun unik dan menarik. Dibuat melalui aplikasi digital dan bisa disebarkan tanpa perlu dicetak lagi. Undangan pernikahan online biasanya dibuat lewat web sehingga disebut juga undangan pernikahan web.

Cara membuatnya mudah. Cukup masuk ke laman https://Linkundangan.com untuk membuat undangan pernikahan online yang sesuai dengan keinginan calon pengantin. Ada pilihan yang bisa didapat di sana. Ada yang gratis dan premium. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Pernikahan semakin lengkap dengan undangan pernikahan web yang cantik dan menarik. Mengundang banyak orang untuk datang ke resepsi pernikahan saat ini semakin mudah dengan undangan pernikahan web. Undangan pernikahan terlihat modern dan cantik.

Posting Komentar untuk "7 Hal Penting Sebelum Pesta Pernikahan"