Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rutinitas Pagi untuk Memulai Hari dengan Percaya Diri

Bagaimana rutinitas pagi yang kamu jalani sebelum ini? Apakah kamu melakukan hal-hal khusus yang memiliki dampak langsung terhadap suasana hatimu?


Tidak banyak orang yang tahu jika pagi adalah saat terpenting dalam sehari. Ini karena pagi hari merupakan awal yang menentukan. Jika kamu keliru memulai harimu, besar kemungkinannya kamu akan memiliki hari yang berantakan.

Lantas, apa saja hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan untuk memulai harimu dengan percaya diri? Coba terapkan rutinitas pagi di bawah ini dan lihat perbedaannya.

Dengarkan Lagu-Lagu Ceria dari Playlist Favoritmu


Apa selama ini kamu terbiasa bangun tidur dengan mendengarkan bunyi alarm yang memekakkan telinga? Jika iya, sepertinya kamu perlu memikirkan ulang soal kebiasaan tersebut.

Faktanya, menurut hasil riset, mendengarkan lagu (khususnya lagu dengan melodi riang-gembira) jelas-jelas ampuh membuatmu bahagia di pagi hari, terlebih lagi jika kamu memutar lagu-lagu kesukaanmu.

Pasti, suasana hatimu akan membaik dalam sekejap. Juga, kamu akan merasa lebih siap menyambut hari baru begitu mendapat suntikan energi positif dari lagu-lagu menghibur di playlist pilihanmu.

Jadi, alih-alih menggunakan nada “BIP BIP BIP BIP” yang membosankan, mengapa tidak menyetel lagu yang ceria seperti “Buka Semangat Baru” sebagai ringtone alarm barumu?

Kenakan Pakaian yang Membuatmu Tampak Menarik


Di masa pandemi seperti sekarang di mana kebanyakan orang menerapkan sistem work from home, mungkin hanya segelintir saja yang mau repot-repot bangun lebih pagi dan berdandan sebelum memulai kesibukannya. Padahal, apa yang kita kenakan dapat memengaruhi pikiran dan perilaku kita, lho.

Dalam ilmu psikologi terdapat istilah “enclothed cognition”. Ini merupakan teori ciptaan Hajo Adam dan Adam D. Gallinsky yang menyatakan bahwasanya pakaian yang kita kenakan sebetulnya dapat mengubah pola pikir kita.

Alhasil, apabila kamu ingin meningkatkan rasa percaya dirimu secara drastis, jangan sepelekan pentingnya dress up di pagi hari.

Sarapan



Jika selama ini kamu acapkali melewatkan sarapan dengan sengaja, maka kamu termasuk dari golongan orang-orang yang merugi. Mengapa?

Rupanya, mengonsumsi sarapan merupakan salah satu rutinitas sehat yang mesti kamu miliki agar harimu diwarnai dengan semangat dan percaya diri, seperti yang disarankan oleh para ahli.

Bukan cuma itu, berbagai penelitian juga telah menemukan segudang manfaat dari mengonsumsi sarapan, di mana yang terpenting yaitu tubuh memiliki kinerja yang lebih baik, seperti daya ingat dan fokus yang kuat.

Tanpa sarapan, tentu sulit untuk memusatkan perhatian pada aktivitas-aktivitas yang harus kamu jalani nantinya. Alhasil, tidak mengejutkan apabila kamu membuat satu atau dua kesalahan fatal saat melakukan kegiatan tertentu. Ini bukan gambaran dari hari ideal versimu, bukan?

Susun Daftar Hal-Hal Positif tentang Diri Sendiri



Seringkali kita merasa down secara tiba-tiba lantaran ketidakmampuan kita untuk menghargai diri sendiri. Namun, jika kita mampu memberikan pujian setinggi langit kepada selebriti idola kita, mengapa kita tidak bisa melakukan hal yang sama terhadap diri sendiri?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jawaban sederhananya mungkin ialah karena kita tidak dibesarkan dalam masyarakat yang mengajarkan apa itu self-love. Padahal, praktik self-love memiliki banyak manfaat baik, seperti meningkatkan rasa percaya diri dan membuatmu merasa lebih positif secara keseluruhan.

Jika mempraktikkan self-love tergolong hal baru buatmu, mulai dengan hal-hal kecil, seperti menerapkan kebiasaan pagi yang baik satu ini. Berdirilah di depan cermin dan tatap lekat-lekat sosok di hadapanmu. Habiskan beberapa menit untuk mengamati bayangan yang terpantul di dalam sana.

Kemudian, utarakan hal-hal baik apa saja yang bisa kamu temui dalam dirimu sendiri. Itu bisa berupa gaya rambut barumu atau sikap murah hati yang gemar menolong siapa saja. Dengan begitu, kamu akan belajar untuk menghargai dirimu sendiri sebelum melakukan hal serupa kepada orang-orang di sekitarmu.

Bayar Semua Tagihan Sesegera Mungkin



Mengamati tumpukan tagihan begitu kamu membuka mata bukanlah rutinitas yang baik di pagi hari. Alih-alih memotivasi kamu untuk bekerja dengan lebih giat hari ini, tagihan-tagihan tersebut justru menimbulkan sakit kepala. Malahan, stres tersebut akan semakin berlipat ganda jika kamu mengundur-undur melunasinya tepat waktu!

Fitur Paylater pun hadir sebagai terobosan baru dari berbagai produk keuangan yang layak kamu manfaatkan. Jangan tunggu sampai nanti untuk melunasi tagihan-tagihan yang ada.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa segera mengalokasikan berapapun nominal yang kamu punya untuk melunasi tagihan tertentu, seperti kartu kredit.

Alhasil, kamu tidak perlu merasa tertekan gara-gara mesti berurusan dengan denda keterlambatan pembayaran. Di samping itu, fitur ini juga akan membantumu mengembangkan kebiasaan finansial yang baik, lho.

Sempatkan Beberapa Menit untuk Menari


Coba ingat, kapan terakhir kali kamu menari?

Mungkin ingatanmu samar-samar karena sudah lama sejak terakhir kali kamu bersenang-senang. Atau, kamu justru belum pernah mencobanya karena beranggapan ini hanya tindakan konyol yang membuang-buang waktu.

Eits, itu tidak benar.

Saat menari, tubuh memproduksi endorfin. Endorfin sendiri merupakan senyawa kimia yang memicu terbentuknya energi positif di dalam diri kita. Singkat kata, menari adalah salah satu cara instan untuk meraih kebahagiaan!

Selain itu, sama seperti olahraga, menari juga termasuk aktivitas pagi yang menyehatkan. Nah, semisal kamu enggan melakukan olahraga berat di pagi hari, menari bisa jadi alternatif yang menyenangkan untuk membuat badanmu segar dan bugar.

Penutup

Ada bermacam-macam kebiasaan sehat setelah bangun tidur yang layak dicoba untuk meningkatkan suasana hatimu sebelum kamu berangkat ke kantor atau sekolah. Pilih yang mana rutinitas pagi yang menurutmu mampu mendongkrak semangatmu dengan efektif.

Dengan begitu, tidak akan ada satupun hari-harimu ke depannya yang dihantui dengan perasaan muram.

Posting Komentar untuk "6 Rutinitas Pagi untuk Memulai Hari dengan Percaya Diri"