Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Sebagai orang yang akan memulai usaha, tentunya Anda menginginkan adanya pemberi modal tapi tanpa menggunakan riba. Salah satu hal yang dapat memenuhi keinginan Anda yaitu melalui pembiayaan syariah.

Ada banyak cara mendapatkan modal yang mungkin saja dilakukan untuk menerapkan prinsip pinjaman syariah. Diantara sekian banyaknya itu, enam cara mendapatkan modal usaha tanpa riba ini bisa dicoba untuk mendapatkan suntikan dana bagi usaha Anda.

1. Jual Aset yang Dimiliki

Orang yang akan menjalankan bisnis biasanya sudah memiliki gambaran tentang keuangan yang dibutuhkan saat menjalankannya. Pada umumnya, bagi mereka yang akan memulai bisnis besar memiliki aset lain yang lebih besar untuk mendanai bisnisnya.

Dengan adanya aset yang besar itulah mereka berani mengambil keputusan besar pula. Maka dari itu solusi yang bisa dilakukan ketika membutuhkan modal tanpa riba yaitu dengan menjual aset-aset yang saat itu masih dimilikinya.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan cara ini, maka pastikanlah bahwa pos-pos keuangan untuk saat ini maupun pos keuangan yang akan datang dalam kondisi aman. Jangan menjual seluruh aset tanpa mempertimbangkan pos-pos keuangan yang sudah direncanakan.

Namun jika Anda masih belum memiliki perencanaan pos-pos keuangan untuk jangka pendek dan panjang, sebaiknya buatlah perencanaannya terlebih dahulu. Dan jika masih kebingungan untuk menentukan pos-pos tersebut, Anda bisa menggunakan konsultan keuangan.

2. Gadai Barang

Jika Anda tidak memiliki aset yang bisa untuk dijual, maka menggadaikannya bisa menjadi jalan keluarnya. Apabila yang Anda harapkan adalah modal usaha tanpa riba, maka gadaikanlah barang dengan prinsip syariah.

Jadi ketika barang tersebut Anda gadaikan menggunakan prinsip syariah, maka tidak perlu ada bunga yang dibayarkan. Pegadaian syariah biasanya tidak menerapkan sistem bunga tapi tetap akan meminta biaya untuk perawatan dari benda yang digadaikan.

3. Pinjam Modal ke Lingkaran Interaksi Terdekat

Ketika membutuhkan modal biasanya orang akan langsung mencari pinjaman yang paling mudah proses peminjamannya meskipun dana yang dikembalikan semakin membengkak. Padahal Anda bisa saja melakukan pinjaman syariah tanpa perlu mengembalikan dengan jumlah yang lebih besar.

Cara ini dapat dilakukan dengan melakukan pinjaman kepada orang-orang dengan lingkaran interaksi terdekat dengan Anda. Anda bisa melakukan negosiasi pembiayaan syariah dengan mereka agar tidak menerapkan sistem riba.

Selain itu, Anda juga mendiskusikan waktu pengembaliannya sesuai kesepakatan bersama. Jika pada saat yang telah ditentukan tetapi ternyata belum bisa melunasinya, maka Anda harus mengabarkannya dan meminta perpanjangan waktu untuk disepakati bersama lagi.

4. Pinjaman Syariah

Pinjaman syariah ini dapat Anda temukan di Bank Syariah dan platform jasa keuangan syariah lainnya. Ketika akan menggunakan pinjaman syariah, pastikan bahwa Anda sudah membaca dan memahami seluruh persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan.

5. Cari Investor

Cara yang sudah tidak asing lagi di dunia bisnis yaitu dengan mencari investor yang mau bekerja sama dengan Anda. Pada beberapa bisnis menerapkan sistem ini untuk mendanai bisnisnya agar tidak terkendala soal modal. Kemudian semua personel mendapat keuntungan dari bagi hasil.

6. Syariah Card

Syariah card merupakan kartu kredit yang menerapkan sistem syariah dalam setiap transaksinya. Sebagaimana sistem syariah pada umumnya yang tidak menerapkan bunga, begitu juga dengan syariah card. Meskipun tidak ada bunga, tapi Anda tetap harus membayar fee sesuai ketentuan.
 

Pembiayaan Syariah oleh BPRS ALMASOEM


Pembiayaan Syariah oleh BPRS ALMASOEM

Jika Anda berada di Jawa Barat, BPRS ALMASOEM dapat dijadikan tempat untuk mendapatkan modal usaha tanpa riba. Pasalnya, ia merupakan suatu pelayanan di bidang jasa keuangan yang menggunakan prinsip syariah. Yang berarti bahwa Anda bisa meminjam modal tanpa ada ribanya.

Anda bisa mempercayakan pembiayaan syariah untuk modal usaha kepada penyedia layanan jasa keuangan ini. Pasalnya BPRS ALMASOEM sudah resmi diakui oleh OJK dan LPS. Bahkan Anda bisa mendapatkan modal tersebut dengan syarat mudah, proses cepat, dan bagi hasil yang kompetitif.
Kontak

Apabila ingin bertatap muka secara langsung, maka Anda bisa mengunjungi kantor pusatnya yang terletak di Jalan Raya Rancaekek No. 1 Bandung 40394. Anda bisa terhubung dengannya via telepon di no telp (022) 779-6130 atau fax-email ke (022)779-4285.

Selain cara di atas, Anda juga bisa terhubung dengan BPRS ALMASOEM dengan mengunjungi website resminya di almasoembank.co.id atau dengan mengunjungi bit.ly/bprsalmasoem. Dengan mengunjungi bit.ly/bprsalmasoem maka Anda dapat menuju ke berbagai akun resminya yang lain.
Layanan

BPRS ALMASOEM memiliki beberapa layanan yang ditawarkan kepada nasabahnya yaitu berupa pembiayaan, gadai emas, deposito, tabungan, dan lelang. Untuk pembiayaan ini ditujukan bagi Anda yang membutuhkan biaya untuk modal usaha, membeli kendaraan, membeli rumah, dll.

Untuk setiap pelayanan yang diberikannya akan dilakukan dengan menerapkan syarat yang mudah, proses cepat, bebas denda, angsuran ringan, dan waktu pelunasan yang fleksibel. Untuk memastikan setiap hal yang ditawarkannya ini bisa langsung Anda tanyakan kepada petugas yang bersangkutan.

Semoga setelah mengetahui enam cara untuk mendapatkan modal melalui sistem pembiayaan syariah di atas, Anda bisa menentukan pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apapun cara yang dipilih nantinya, pastikan bahwa ia sudah Anda pertimbangan kelebihan dan kekuarangannya.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba"