Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Skincare Sesuai Tingkatan Usia Anak

Tahukan bahwa skincare diperlukan oleh seluruh kategori usia? Penggunaan skincare bertujuan untuk merawat kulit agar tetap sehat di usia berapapun. 

Melakukan perawatan kulit dengan baik sejak dini akan memberi efek positif jangka panjang dan membangun kebiasaan baik. 

Skincare tidak khusus diciptakan untuk kaum perempuan namun juga untuk kaum laki-laki. 

Setiap skincare, dari cleanser, serum pencerah wajah, moisturizer hingga sunscreen memiliki kandungan berbeda sesuai dengan peruntukan jenis kulit, permasalahan kulit dan juga tiap jenjang usia.

Skincare untuk Bayi dan Balita

Bayi dan balita dinilai tidak membutuhkan skincare sebagai bagian dari perawatan kulitnya. Hal ini disebabkan karena anggapan bahwa bayi memiliki kulit yang masih bagus. 

Penyebab lainnya yakni anggapan bahwa skincare akan merusak kulit bayi akibat paparan bahan kimia yang terkandung didalamnya. Namun tahukah bahwa pada era saat ini telah berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Jika 10-20 tahun yang lalu bayi tidak diaplikasikan skincare sama sekali, untuk saat ini bayi yang baru lahir semestinya sudah diaplikasikan skincare karena banyaknya polutan yang turut mempengaruhi kulit bayi.

Sebagai salah satu contoh yakni bayi yang memiliki kulit atopik, para orang tua membutuhkan skincare seperti krim kulit berbahan organik supaya tetap menjaga kelembaban kulit sang bayi. 

Kelembaban kulit yang terjaga akan mengurangi tingkat keparahan atopik sehingga bayi lebih tenang dan tidak rewel karena tidak merasa risih atas apa yang terjadi pada kulitnya.

Penggunaan skincare seperti face cream dan body lotion setelah mandi dapat menjaga kelembaban kulit dan mengurangi terbentuknya ruam di kulit bayi. Ruam sering muncul di kulit bayi karena jaringan keringat yang belum sempurna sehingga kulit mudah iritasi karena kurang kelembaban. 

Pada balita, penggunaan skincare dapat ditambah dengan sunscreen karena balita sudah melakukan eksplorasi di luar ruangan. 

Hal ini dapat mengurangi efek negatif dari paparan sinar matahari yang teramat jahat pada kulit anak yang masih tipis. Hindari mandi menggunakan sabun terlalu sering karena dapat mengurangi kelembaban kulit.

Skincare untuk Anak dan Remaja

Anak merupakan kelompok usia diatas 5 tahun dan dibawah 10 tahun. Sedangkan remaja berada di rentang usia diatas 10 tahun hingga dibawah 18 tahun. 

Masa anak – anak mengalami perubahan drastis dari kegiatan yang berorientasi di rumah ke kegiatan yang biasa dilakukan diluar ruangan. Kegiatan ini bisa dilakukan di sekolah, tempat les maupun bermain dengan teman sebayanya. 

Penggunaan skincarenya bisa tetap menggunakan skincare saat bayi dan balita namun jumlahnya lebih banyak atau dapat juga menggunakan skincare dengan formulasi khusus anak. 

Tetap menggunakan sunscreen juga tidak boleh terlewat supaya tidak terbakar matahari. Anak di usia ini biasanya mulai mengalami masalah kulit seperti kulit kering, kusam dan gelap. Bahkan tak sedikit pula orang tua yang menggunakan serum pencerah wajah pada anaknya.

Pada remaja, biasanya terjadi masa pubertas. Masa pubertas pada remaja mempengaruhi berbagai bentuk fisik pada anak. 

Selain bentuk fisik anak, masa pubertas juga mempengaruhi self esteem atau jati diri remaja. Bagi remaja perempuan misalnya, pada fase anak-anak tidak mempedulikan warna kulit, model rambut hingga bau badan. 

Namun saat masa remaja, keinginan untuk mempercantik diri menjadi lebih besar karena mengalami ketertarikan lawan jenis dan unjuk diri pada penilaian orang disekitarnya.

Jika pada anak-anak masih diperbolehkan menggunakan skincare untuk bayi dan balita, pada remaja sebaiknya menggunakan skincare khusus yang formulanya sudah meningkat. 

Hal ini disarankan supaya remaja memiliki kulit yang cerah, lembab dan lembut terlepas dari kegiatan luar ruangan yang telah dilakukan saat anak-anak.

Penggunaan Skincare Sesuai Tingkatan Usia Anak

Rangkaian basic skincare juga harus mulai dilatih sejak remaja. Basic skincare ini antara lain:
  1. Membersihkan wajah dengan double cleansing. Yakni dengan menggunakan susu pembersih dan kapas lalu dilanjutkan dengan menggunakan sabun muka
  2. Menggunakan toner. Hindari penggunaan toner dengan bahan paraben dan alkohol supaya tidak menyebabkan kulit kering dan sensitif
  3. Menggunakan serum. Serum digunakan untuk menutrisi kulit dengan kandungan bahan yang lebih “kaya” dan mudah diserap oleh kulit. Produk yang banyak dicari salah satunya adalah serum pencerah wajah. Salah satu produk serum yang dapat digunakan oleh remaja adalah Pond’s Triple Glow Serum. Pond’s Triple Glow Serum memiliki kandungan gluta-boost-C yang memiliki kekuatan 60x lebih efektif dibanding vitamin C biasa. Vitamin C dapat memberikan efek cerah karena kulit ternutrisi. Pond’s Triple Glow Serum juga mengandung Vitamin B3+ yang dapat melembutkan kulit karena pori-pori yang mengecil. Selain itu Pond’s Triple Glow Serum juga mengandung Hyaluronic Acid yang efektif melembabkan kulit.
  4. Menggunakan moisturizer. Moisturizer merupakan pelembab yang memiliki tekstur lebih pekat sehingga dapat mengunci kelembaban wajah
  5. Menggunakan sunscreen. Menggunakan sunscreen dapat melindungi kulit dari cahaya matahari yang memiliki efek buruk seperti UV A dan UV B. Selain membuat kulit menjadi gelap, secara jangka panjang jika terpapar sinar matahari pada jangka waktu yang lama dapat membuat kulit kehilangan fungsinya karena penyakit yang disebabkan oleh cahaya matahari.
  6. Menggunakan masker. Penggunaan masker di malam hari dapat membantu kulit mendapatkan nutrisi yang optimal. Salah satu produk yang dapat digunakan adalah Pond’s Triple Glow Serum Mask. Kandungannya sama seperti Pond’s Triple Glow Serum dengan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi sehingga memungkinkan terserap pada kulit dengan lebih baik. Gunakan seminggu 2-3x untuk hasil optimal.
Inilah penggunaan skincare pada tingkatan usia anak. Yuk lakukan hal baik dengan mengenalkan skincare pada anak untuk menjaga kulit dari kerusakan. Untuk produk Pond’s Triple Glow Serum dapat diperoleh di minimarket terdekat hingga marketplace dengan harga berkisar di 80ribuan dengan ukuran 30g. Sedangkan Pond’s Triple Glow Serum Mask berkisar di harga 16ribuan.

Posting Komentar untuk "Penggunaan Skincare Sesuai Tingkatan Usia Anak"