Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Inspiratif: Pengertian, Struktur dan Contohnya

Untuk berbagi tulisan yang mampu menyentuh hati pembaca dan memiliki pesan serta kesan mendalam maka teks inspiratif adalah pilihan yang tepat. Dimana untuk membuat teks ini diperlukan ide atau gagasan yang kreatif.

Baik itu berupa fiksi maupun kisah nyata yang diambil dari pengalaman pribadi maupun orang lain harus mampu memberikan inspirasi kepada setiap pembaca. Karenanya penting untuk membuat teks inspiratif yang tepat.

Agar pesan dalam tulisan tersampaikan dengan baik kepada pembaca maka perlu memahami terlebih dahulu pengertian dan struktur apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat teks inspiratif.

Pengertian Teks Inspiratif

Teks inspiratif adalah runtutan cerita atau kisah berupa narasi yang memiliki pesan dan kesan untuk memberikan inspirasi kepada pembaca. Dalam pembuatannya harus menggunakan kata atau kalimat yang mampu menyentuh hati setiap pembaca.

Dengan begitu pesan dan kesan tersampaikan dengan baik kepada pembaca sesuai yang diharapkan penulis. Khususnya kisah yang diambil dari kisah nyata seseorang akan cepat tersampaikan.

Pada umumnya teks inspiratif banyak mengandung nilai-nilai positif. Sehingga, banyak pembaca yang mencari teks inspirasi untuk motivasi hidup atau self-improvement.

Dalam membuat teks inspiratif tidak bisa sembarangan. Ada aturan-aturan tertentu atau struktur teks yang harus penulis patuhi. Untuk lebih jelasnya silahkan pahami penjelasan di bawah ini.

Struktur Teks Inspiratif

Teks Inspiratif: Pengertian, Struktur dan Contohnya

Terdapat beberapa struktur atau susunan penulisan dalam membuat narasi teks inspirasi. Diantaranya orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda.

Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai lima struktur teks inspiratif.

1. Orientasi

Struktur atau tahapan pertama berupa orientasi yang berisi tentang penjelasan latar belakang certa dan mengenalkan tokoh utama.

2. Rangkaian atau Runtutan Peristiwa

Setelah mengenalkan sang tokoh dan latar belakang cerita, selanjutnya menjelaskan peristiwa dari awal hingga puncak permasalahan.

3. Komplikasi

Pada tahapan ketiga menjelaskan puncak permasalahan dari cerita dalam narasi teks inspiratif. Di sini pembaca akan melihat bagaimana masalah menjadi lebih rumit hingga adanya pemecahan masalah.

4. Resolusi

Resolusi dalam teks inspiratif yaitu tahapan menyelesaikan masalah dari konflik permasalah yang dikembangkan.

5. Koda

Struktur terakhir yaitu bagian penutup teks. Kesimpulan, pesan dan kesan cerita harus tersaji di tahapan akhir teks inspiratif.

Contoh Teks Inspiratif

Dari lima tahapan pembuatan struktur teks inspirasi di atas, tentunya tidak kesulitan lagi bukan untuk membuat narasinya?

Jika masih bingung, berikut contoh teks inspiratif untuk kamu pelajari.

Orientasi

Sejak kecil Jack Ma pandai menggunakan bahasa inggris karena sering melatihnya menjadi tour guide di kawasan Hangzhou. Hingga suatu hari dia diutus ke Amerika untuk melobi dengan investor asing karena saat itu Tiongkok mulai terbuka dengan dunia luar. Akan tetapi dia merasa tidak yakin dan pergi ke sebuah kasino dengan uang 25 sen.

Siapa sangka dari 25 sen tersebut menjadi 600 dolar. Sebuah keberuntungan yang tidak terduga. Lalu dia terbang ke Seattle menemui temannya Bill dan mengenal internet.

Saat itu juga Jack Ma membuat website biro penerjemahan Haibo. Karena internet, kepala Jack Ma dipenuhi denga ide-ide cemerlang. Salah satunya adalah informasi tentang bisnis-bisnis di Tiongkok, Dengan modal 100.000 yuan terciptalah website komersial bernama China Yellow Pages.

Rangkaian atau Runtutan Peristiwa

Orang-orang yang awalnya tidak yakin dengan internet, berbondong-bondong membuat website sejenis China Yellow Pages dan membuat persaingan yang tidak mudah. Modal yang sedikit membuat perusahaan besar West Lake Network hampir menghantam China Yellow Page. Akhirnya Jack Ma menyetuji penggabungan China Yellow Page denga West Lake Network dan mengundurkan diri.

Komplikasi

Setelah Jack Ma undur diri dari China Yellow Pages, dia tidak berhenti begitu saja dan akhirnya membuat perusahaan e-commerce terbesar yaitu Alibaba. Dalam memajukan dan mempertahankan Alibaba, Jack kembali mendapatkan tantangan dan rintangan yang besar. Dari kurangnya modal, Wabah SARS yang menimpa salah satu karyawan dan membuat Jack Ma memutuskan untuk work from home, hingga keadaan ekonomi dunia yang ikut mempengaruhi masa-masa krisis.

Resolusi

Apa pun masalahnya Jack Ma adalah orang yang selalu beripikir positif. Dia yakin bahwa selama tidak pernah menyerah peluang akan selalu datang. Walau hari ini harus menderita, besok atau lusa akan menjadi hari yang baik.

Koda

Dengan sifat pantang menyerah yang selalu tertanam kuat dalam diri Jack Ma mampu membawa Alibaba ke kancah internasional hingga saat ini. Dia juga yakin bahwa untuk menciptakan sesuatu yang besar harus mulai dari yang kecil.

Demikianlah penjelasan dan contoh kalimat teks inspiratif dalam membuat cerita narasi inspirasi.

Selain kisah tentang Jack Ma, di sekitar kita banyak cerita yang dapat diangkat untuk membuat teks inspirasi. Misalnya tentang https://mamikos.com/info/ sebagai aplikasi pencari kos no.1 di Indonesia.

Hadirnya Mamikos berperan besar dalam mempertemukan pencari dan pemilik kos sejak November 2015. Tidak hanya kos-kosan di kota Jakarta saja, melainkan tersebar di 140 kota di seluruh Indonesia.

Pencari kos pun tidak perlu khawatir akan keakuratan fasilitas serta spesifikasi tempat kos yang tercantum di aplikasi. Karena, ada tim khusus yang cek langsung ke tempat kos. Sehingga profil yang tercantum di aplikasi sesuai dengan yang ada dilapangan.

Posting Komentar untuk "Teks Inspiratif: Pengertian, Struktur dan Contohnya"