Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsultan Lingkungan: Pengertian, Tugas dan Manfaat

Konsultan Lingkungan menjadi sesuatu yang krusial bagi sebuah usaha. Gambaran umumnya, Konsultan Lingkungan memberikan bantuan dalam menjaga lingkungan sekitar dan mengurus perizinan pada sebuah usaha.

Tentunya banyak dokumen terkait lingkungan yang harus dipenuhi perusahaan, maka bisa dipastikan peran Konsultan Lingkungan penting sekali. Penyusunan dokumen lahan UKL, UPL, dan AMDAL perlu jasa orang yang ahli di bidangnya. Lalu, apa pengertian Jasa Konsultasi Lingkungan?

Pengertian Jasa Konsultan Lingkungan

Seperti penjelasan singkat di atas, jasa Konsultan Lingkungan merupakan profesional di bidangnya terkait dokumen besar misalnya UKL, UPL, hingga AMDAL. Jasa ini bertugas menghasilkan analisa akhir berdasarkan kopetensi yang ada di lingkungan sekitar perusahaan.

Tidak hanya mahir mengamati, jasa ini juga mampu memperhitungkan teknik atas dampak yang diberikan perusahaan terhadap alam sekitar.

Sebagaimana yang sudah tertuang dalam peraturan pemerintah, jasa konsultan mengambil peran melengkapi dokumen lingkungan sekitar perusahaan yang kemudian disetujui pemerintah dalam rangka izin usaha.

Pemilihan Lembaga Konsultan harus tepat, artinya lembaga tersebut terdaftar. Pemerintah memberikan syarat bahwa hanya lembaga terdaftar yang bisa menjadi Konsultan Lingkungan dalam penyusunan dokumen perizinan AMDAL.

Lembaga yang profesional dan berpengalaman juga bisa ditilik dari sistem menejemen yang menggunakan standar internasional yaitu sertifikat ISO 90001.

Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Perusahaan

Alam merupakan asset berharga bumi. Namun sebagai manusia yang hidup di zaman serba teknologi, berdirinya pabrik atau perusahaan sudah menjadi suatu kebutuhan wajib manusia untuk mencari nafkah. 

Hal inilah kemudian yang memunculkan peraturan untuk menganalisa dan mengkaji dampak berdirinya suatu perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Tidak adanya analisa dan pengamatan, membuat lingkungan terganggu oleh polusi-polusi yang dihasilkan pabrik atau perusahaan. Misalnya polusi tanah, air, udara, suara, dan lain sebagainya.

Tugas dan Peran Konsultan Lingkungan Bagi Perusahaan

Tugas dan Peran Konsultan Lingkungan Bagi Perusahaan

Konsultan Lingkungan mempunyai tugas dan peran penting dalam mengurus perizinan lingkungan ke pemerintah. Di bawah ini adalah beberapa tugas dan peran yang dilakukan Konsultan profesional lingkungan:

1. Memetakan Lingkungan yang Terdampak

Sebelum membuat dokumen perizinan, tugas pertama yang harus dilakukan adalah memetakkan lingkungan yang memiliki potensi terdampak. Dalam hal ini, konsultan akan membuat peta lingkungan lengkap dengan potensi apa saja yang akan terjadi pada lingkungan sekitar.

Dampak yang dipetakkan bukan hanya masalah lingkungan saja. Sebagai seorang konsultan juga harus bisa membaca risiko yang terjadi, termasuk dalam sosial masyarakat.

2. Membuat Dokumen AMDAL

Tugas selanjutnya setelah pemetaan adalah membuat berkas AMDAL. Peraturan AMDAL sudah tertuang dalam undang-undang di bawa KLHK. Jika pabrik atau perusahaan mempunyai proyek atau pekerjaan yang berkesinambungan dengan alam, berkas AMDAL wajib dipenuhi.

Dalam kelengkapan AMDAL, konsultan akan mengkaji hal-hal seperti faktor sosial dan budaya, ekologi, dan masih banyak lagi.

3. Membuat Rencana Pengelolaan Lingkungan

Setelah menyusun dokumen AMDAL dan diserahkan kepada lembaga dinas terkait, tugas berikutnya yaitu membuat rencana pengelolaan lingkungan.

Di dalam rencana tersebut, ada banyak prosedur yang harus dilakukan perusahaan untuk mengelola dengan baik lingkungan sekitar demi kelangsungan hidup makhluk hidup. Disini konsultan hanya berperan sebagai pembuat rencana, sedangkan pelaksanaan tetap dilakukan oleh perusahaan.

4. Membuat Rencana Pemantauan Lingkungan

Pemantauan juga harus dilakukan beriringan dengan pengelolaan lingkungan. Memantau berarti ikut menjaga lingkungan dari risiko-risiko yang telah dianalisa pada pemetaan awal. Pemantauan berkala berfungsi untuk cross check apakah pengelolaan berjalan sesuai dengan pemetaan.

5. Memberikan Solusi Terhadap Penanganan Dampak Lingkungan

Dalam melakukan pemantauan, pasti ada temuan yang atas risiko yang telah diantisipasi sebelumnya. Konsultan mencatat perencanaan dan pemantauan dalam dokumen RPL yang kemudian dievaluasi untuk mendapatkan solusi atas dampak lingkungan yang terjadi akibat kegiatan perusahaan.

Manfaat dari Jasa Konsultan Lingkungan

Ada 4 manfaat utama yang didapatkan dari Jasa Konsultan Lingkungan:

1. Analisa dan Perhitungan Tepat

Perhitungan teknis serta analisa data yang dilakukan profesional terhadap lingkungan hidup bersifat kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Penyusunan AMDAL sebagai legalitas dengan baik membuat proses perizinan semakin cepat selesai.

2. Perusahaan Dapat Menjaga Lingkungan

Ketika melakukan suatu kegiatan di dalam perusahaan, perusahaan tersebut juga harus berperan aktif dalam melestarikan alam. Sayangnya, perusahaan tidak langsung mengerti apa yang seharusnya dilakukan. Jasa konsultan berperan penting agar perusahaan tidak abai dengan kewajibannya.

Dampak jika perusahaan tidak melakukan pelestarian lingkungan seperti pada analisa yang dibuat, maka perusahaan akan dicabut izin usahanya.

3. Konsultasi Lingkungan Hidup Kapan Saja

Perusahaan dapat berkonsultasi kapanpun kepada Konsultan Lingkungan yang sudah menyusun berkas AMDALnya. Fleksibilitas ini memudahkan perusahaan untuk meminta pendampingan.

4. Karyawan Dapat Melakukan Kegiatan Usaha Seperti Biasa

Dengan mempunyai Konsultan Lingkungan sendiri, maka perusahaan tidak akan merepotkan karyawan. Karyawan bisa bekerja seperti biasa tanpa terganggu proses-proses yang harus dilewati dalam penyusunan AMDAL.

Jasa Konsultan Profesional

Pilihlah Jasa Konsultan Profesional yang terdaftar agar menciptakan solusi-solusi yang atas risiko dan bisa dipertanggungjawabkan.

Apabila dibutuhkan Jasa Konsultan Lingkungan, kami siap memberikan jasa terbaik kami. Tim Konsultan Lingkungan kami bekerja mulai dari pemetaan, pembuatan dokumen, pengelolan, pemantauan, hingga memberikan solusi atas analisa risiko.

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN DAPAT MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62 811-8374-666 atau lewat Email : [email protected]

Posting Komentar untuk "Konsultan Lingkungan: Pengertian, Tugas dan Manfaat"